youngster.id - Kompetisi untuk pencarian startup inovatif terus bermunculan. Yang terbaru diluncurkan adalah Spica Runway , pencarian startup inovatif dalam bidang gaya hidup dan hiburan. Ada enam startup yang lolos mengikuti program bootcamp yang diluncurkan oleh Popular, Gaharu Activation dan Arrbey Consulting.
“Talenta yang terpilih, selain memiliki kemampuan pemasaran dan digital influencer yang cukup besar, mereka umumnya juga sudah melakukan aktivitas bisnis secara mandiri di berbagai bidangnya masing-masing, seperti kuliner, mode, properti, merchandising, marketing communication, atau lulusan perguruan tinggi dengan nilai yang sangat baik,” papar Vicky G. Saputra, Co-Founder dan CEO Papillon Group, induk usaha dari Popular dalam siaran pers , Senin (16/5/2016) .
Dia menjelaskan ajang ini dibuat sebagai bagian dari implementasi program 1000 startup sukses dan berkelanjutan. Oleh karenanya, kolaborasi lintas industri dengan dunia teknologi memang dibutuhkan.
Adalah Barber Ranger, Lumi Glass, Kostoom, Antik Mebel, Alim, dan Pedava, yang terpilih mengikuti bootcamp hingga tanggal 20 Mei 2016. Sebelum nantinya akan dilakukan babak pitching dan pengumuman pemenang pada 25 Mei 2016.
Menurut Vicky, untuk melengkapi rangkaian acara kompetisi startup dan pameran produk digital yang dihasilkan oleh tiap finalis, pada acara puncak nanti juga akan digelar CEO Runway Dialog, yang akan mempertemukan penggiat startup, ahli industri, dan pemerintah, dalam satu panggung.
“Tujuannya, diharapkan dapat terjadi dialog yang produktif dan menunjang aksi yang nyata dalam pembangunan ekosistem digital Indonesia yang lebih sehat,” tutup Handito Joewono, Founder dan CEO Arrbey Consulting.
Sinergi bersama ini dilakukan, tak hanya ingin menciptakan lebih banyak lagi startup yang berfokus pada bidang gaya hidup dan hiuran, namun juga ikut menjembatani hubungan mereka dengan para ahli di industri tersebut.
Kolaborasi antara dunia digital dan gaya hidup pun menjadi salah satu bidang yang menarik digarap para pelaku startup. Mereka yang berfokus pada dunia mode, jasa, kuliner, travel, dan hiburan, belakangan ini kerap bermunculan dan semakin memberikan warna baru bagi ekosistem startup di Indonesia.
Kompetisi Spica Runway ini merupakan kombinasi dari program bootcamp, dialog dengan para ahli startup, dan inkubasi bagi startup, yang khusus berfokus dalam dunia gaya hidup dan hiburan.
Setelah melalui proses seleksi selama satu bulan, enam startup yang terpilih akan mulai mengikuti kegiatan bootcamp secara intensif, dan mencocokkan visi dan misi mereka dengan talenta Popular yang akan bekerja sama dengan mereka.
Mengingat startup-startup yang mengikuti kompetisi ini berfokus di dunia gaya hidup dan hiburan, di sinilah talenta Popular yang disebut Foxy Tech Ladies, akan menjadi mitra bekerja sama untuk membantu startup-startup finalis untuk berkembang.
STEVY WIDIA
Discussion about this post