Startup Aplikasi Investasi Reksa Dana Ini Dapat Suntikan Dana Segar dari Investor

Aplikasi Bibit.id. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Investor reksa dana di Indonesia telah bertumbuh hampir 10 kali lipat sejak 5 tahun terakhir. Hal ini didorong pertumbuhan startup investasi reksa dana, salah satunya adalah  Bibit.id. Startup aplikasi dari Stockbit ini mengalami pertumbuhan yang cepat. Investor pun mengucurkan pendanaan senilai US$65 juta bagi Bibit.id.

Pendanaan kali ini dipimpin Sequoia Capital India, diikuti oleh Prosus Ventures, Tencent dan Harvard Management Company. Investor yang sebelumnya telah mendukung Bibit.id seperti AC Ventures dan East Ventures juga kembali berpartisipasi dalam pendanaan ini.

Direktur Bibit.id, Sigit Kouwagam mengatakan, sebelumnya, pasar modal di Indonesia dianggap sebagai tempat berinvestasi yang menakutkan, dan hanya untuk sebagian kalangan tertentu. Bibit mendayagunakan teknologi untuk membuat investasi semakin mudah untuk diakses oleh semua orang, termasuk investor pemula.

“Kami percaya semua masyarakat Indonesia berhak mendapatkan masa depan yang lebih baik. Membantu meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong kebiasaan berinvestasi dengan cara yang benar adalah salah satu cara untuk mewujudkannya. Kami sangat bangga bisa mendapatkan dukungan dari partner dan investor kami untuk mempercepat misi tersebut,” kata Sigit dalam keterangan pers, Senin (3/5/2021).

Aplikasi ini berawal dari Stockbit platform untuk investor Indonesia bertukar pikiran, berita dan informasi tentang pasar modal secara real-time. Pada tahun 2019 meluncurkan aplikasi Bibit.id.

“Kami melihat adanya peningkatan yang tajam dalam minat investor ritel dalam di dalam pasar modal. Meski ada peningkatan yang signifikan, saat ini partisipasi dari masyarakat Indonesia di pasar modal masih kurang dari 2%,” ucap Sigit.

Pendanaan yang diraih akan digunakan untuk peluncuran produk dan fitur baru, pengembangan teknologi, perekrutan karyawan, dan meningkatkan edukasi serta kesadaran akan berinvestasi untuk terus membangun Bibit.id sebagai platform yang dapat menciptakan generasi Indonesia selanjutnya yang melek investasi.

Rohit Agarwal, VP dari Sequoia India mengatakan, menabung melalui reksa dana menjadi langkah pertama dalam berinvestasi dan Bibit telah membantu jutaan konsumen untuk dapat memulai perjalanan investasi mereka dengan cara yang baik dan benar. “Sequoia Capital India ikut bersemangat untuk dapat bermitra kembali dengan fokus yang sama untuk memberikan pengalaman pengguna yang terbaik dalam layanan investasi saham melalui platform Stockbit,” kata Rohit.

Hal senada disampaikan Sachin Bhanot, Head of Southeast Asia Investments di Prosus Ventures. Menurut dia, saat ini, segmen wealth management digital di Indonesia sedang berada di inflection point, hal ini didorong oleh ekonomi Indonesia yang dipimpin oleh milenial dan mayoritas berbasis smartphone.

“Bibit.id telah menjadi yang terdepan dalam memudahkan dan mendemokrasikan akses untuk produk wealth management investor ritel di Indonesia. Kami percaya bahwa perusahaan ini berada di garda terdepan platform investasi di Indonesia dan akan terus mendukung inklusi keuangan di seluruh bagian Indonesia,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version