Startup Tanda Tangan Digital Privy Raih Pendanaan Seri B US$17,5 Juta

Privy

Peresmian PrivyQuarter. (Foto: istimewa)

youngster.id - Startup penyedia tanda tangan digital Privy mendapatkan pendanaan seri B sebesar US$ 17,5 juta atau sekitar Rp 247 miliar. Pendanaan tersebut dipimpin oleh perusahaan modal ventura GGV Capital.

CEO Privy Marshall Pribadi mengatakan, perusahaan akan memanfaatkan pendanaan seri B untuk memperluas cakupan infrastruktur teknologi informasi (IT) dan keamanannya. Dengan perluasan infrastruktur itu, Privy memproyeksikan transaksi harian mereka bisa akan meningkat dari 100 ribu per hari menjadi 800 ribu per hari hanya dalam dua tahun. Selain itu, Privy juga memperluas bisnis tanda tangan digitalnya ke pasar luar negeri, salah satunya Eropa.

“Mitra baru bisa membawa Privy ke panggung global,” kata Marshall dalam siaran pers Selasa (26/10/2021).

Putaran pendanaan kali ini melibatkan sejumlah investor seperti Endeavour Catalyst dan Buana Sejahtera Group. Sejumlah investor terdahulu seperti MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, Mandiri Capital, dan Gunung Sewu Group juga terlibat dalam putaran pendanaan tersebut.

Sejak 2017 hingga saat ini, jumlah pelanggan enterprise di Privy tumbuh 17,5 kali lipat, kemudian pengguna individu tumbuh 30 kali lipat, dan jumlah dokumen yang ditandatangani tumbuh 58 kali lipat.

Menurut Marshall, perkembangan bisnis Privy terdorong oleh pandemi Covid-19. Sejak pandemi, perusahaan banyak menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), sehingga aktivitas perjanjian atau kerja sama pun membutuhkan tanda tangan secara digital.

Managing Partner di GGV Capital Jenny Lee mengatakan, Privy memiliki modal yang kuat dalam menyediakan layanan identitas digital. Hal ini juga didukung oleh potensi pasar yang besar. Berdasarkan data Statista, total potensi pasar dari solusi identitas digital secara global diproyeksikan tumbuh dari US$ 23,3 miliar pada 2020 menjadi US$ 49,5 miliar pada 2026. “Ini akan memberikan landasan yang kuat untuk pertumbuhan masa depan perusahaan,” kata Jenny.

Perusahaan yang didirikan pada 2016 ini telah mengganti nama dari PrivyID menjadi Privy pada ulang tahun kelimanya tahun ini. Privy telah menggaet lebih dari 18,5 juta pengguna individu dan 1.257 Perusahaan. Privy juga telah mencatatkan lebih dari 69 juta tanda tangan per Oktober 2021.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version