Sulawesi Utara Kembangkan 140 Industri Kecil

YOUNGSTER.id - Provinsi Sulawesi Utara menargetkan pengembangan 140 industri kecil menengah (IKM). Kegiatan ini menjadi agenda Pemerintah Daerah untuk mengurangi kemiskinan di daerah.

“Tahun ini kami menargetkan akan meningkatkan ratusan IKM sehingga lebih sejahtera,” kata Alwy Pontoh Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut dilansir Kontan baru-baru ini.

Sebanyak 140 IKM ini akan diambil dari 15 kabupaten dan kota yang ada di Sulut.

Alasan pemda mengawal IKM, lantaran jumlahnya terus naik namun banyak yang tak bisa bertahan. “Sehingga, pemerintah akan terus mengawasi dan mendata serta melakukan fasilitasi agar IKM di Sulut cepat berkembang dan bertahan mengalami persaingan,” jelasnya.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandow mengatakan angka kemiskinan di Sulut masih mencapai 8,9%. Pemda menilai, angka ini masih cukup tinggi, sehingga pemerintah mengharapkan semua instansi dan pemangku kepentingan lainnya bisa bersama-sama mengurangi kemiskinan di Sulut.

Angka kemiskinan di Sulut paling besar berada di perdesaan, sehingga akan menjadi perhatian khusus. “Kami menargetkan angka kemiskinan akan turun hingga tujuh persen,” kata Steven.

 

STEVY WIDIA