youngster.id - PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) telah menyepakati kontrak kerjasama ICT Sistem Komunikasi Kapal Laut (Siskomkap) dan penandatanganan kontrak layanan Wifi di atas Kapal dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).
Melalui kontrak kerja sama itu Telkom akan menyediakan sistem komunikasi (wifi) untuk 2 kapal Pelni dengan skema Managed Service secara bertahap sampai dengan total 22 kapal (sudah aktif di 2 Kapal Pelni Tidar & Kelud). Juga, layanan VSAT SCPC, layanan wifi di area anjungan dan kantor kapal, pemasangan wifi berbasis Wifi Corner di PelniMart dan Poliklinik di atas kapal Pelni.
“Telkom diberi amanat oleh Menteri BUMN untuk mendukung BUMN lainnya terkait dengan pengembangan dan pemanfaatan ICT melalui pokja-pokja IT BUMN Holding agar BUMN di Indonesia dapat memperbesar bisnisnya dengan lebih efisien melalui sharing infrastructure,” ujar Muhammad Awaluddin, Direktur Enteprise & Business Service Telkom, pada penandatangan di Terminal I Penumpang Nusantara Tanjung Priok, Selasa (28/6).
Awaluddin menyampaikan bahwa dengan kapabilitas dan pengalaman Telkom dalam mengelola ICT, perusahaan dapat lebih fokus pada core business-nya. Namun tetap dapat memiliki best practice dalam pengelolaan ICT. “Telkom juga fleksibel dalam model bisnis dari fully investment, managed service, revenue sharing sampai ICT Outsorcing,” klaim Awaluddin.
Sementara itu, Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro menyebutkan bahwa sebagai perwujudan dari sinergi BUMN, Telkom dan Pelni bekerjasama membangun sistem komunikasi kapal, dengan tujuan untuk memberikan excellent service kepada penumpang Kapal Pelni.
Sebelum adanya Siskomkap, lanjut Elfien, para penumpang dan kru kapal mengalami kesulitan dan kendala berkomunikasi di atas kapal karena tidak adanya jaringan komunikasi di tengah laut.
“Solusi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan akan jaringan komunikasi dan internet, sehingga mendukung visi Pelni menjadi perusahaan pelayaran yang tangguh dan pilihan utama pelanggan,” ujar Elfien.
STEVY WIDIA
Discussion about this post