youngster.id - Perangkat mobile digital sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Untuk itu perusahaan telekomunikasi Telkomsel terus memperkuat layanan pelanggan di berbagai kanal digital. Selain meningkatkan pelayanan, adopsi ini juga mendorong interaksi pelanggan secara digital.
“Saat ini kanal digital merupakan pilihan utama pelanggan untuk berinteraksi mengenai produk dan layanan yang Telkomsel hadirkan, dan untuk itu kami terus meningkatkan layanan di area tersebut. Semakin diadopsinya berbagai layanan digital saat ini oleh masyarakat luas mendorong tumbuhnya interaksi pelanggan secara digital, termasuk dengan Telkomsel,” ungkap Ririek Adriansyah Direktur Utama Telkomsel dalam keterangan pers Engage Bali Social Media Summit 2016 yang berlangsung pada 7-8 Oktober 2016 di Nusa Dua, Bali.
Atas keseriusannya dalam membangun interaksi di kanal digital yang responsif dengan pelanggan ini, Telkomsel dinobatkan sebagai “The Most Socially Engaged Telecommunication Provider in Indonesia” dalam acara Engage 2016 Social Media Summit.
Saat ini Telkomsel memiliki sebanyak delapan kanal digital untuk melayani pelanggan. Kanal digital Telkomsel meliputi Facebook, Twitter, Email, Telkomsel Chat, Aplikasi MyTelkomsel, Web MyTelkomsel, self-service machine MyGrapari, dan Interactive Voice Response (IVR). Hal itu menghasilkan interaksi rata-rata dengan pelanggan mencapai angka hampir 20 juta per bulannya.
Telkomsel juga terus memperkuat delapan customer touch point digital ini secara berkala, seperti yang dilakukan untuk Web MyTelkomsel dan Aplikasi MyTelkomsel yang hadir dengan tampilan dan fitur baru. Dan sejak diluncurkan pada kuartal pertama 2016 hingga saat ini, aplikasi MyTelkomsel telah diunduh sebanyak 8,5 juta kali
Sebelumnya Telkom telah memperkuat layanan pelanggan di media sosial. Sepanjang 2016akun Twitter @Telkomsel memberikan lebih dari hampir satu juta respon terhadap mention pelanggan. Sedangkan fan page Facebook Telkomsel memberikan sebanyak lebih dari 1,3 juta respon terhadap post pelanggan. Saat ini akun Twitter @telkomsel memiliki hampir satu juta followers dan Facebook Telkomsel memiliki lebih dari 3,2 juta fans.
Tingkat respon akun media sosial Telkomsel selama tahun 2014 dan 2015 ini diganjar penghargaan The Socially Devoted Award. Penghargaan dari Socialbakers ini diberikan kepada perusahan-perusahaan di dunia berdasarkan analisa terhadap aktivitas social customer care (pelayanan pelanggan di media sosial), khususnya dalam menanggapi mention pelanggannya. Apresiasi ini juga diberikan karena fan page Facebook Telkomsel dan Twitter @Telkomsel berhasil menjadi akun yang paling responsif di dunia.
“Perkembangan layanan pelanggan melalui media sosial terjadi seiring dengan gaya hidup pelanggan yang saat ini semakin digital dengan mobilitas yang tinggi, di mana pelanggan membutuhkan solusi cepat terhadap permasalahan yang dihadapinya terkait layanan. Untuk itu kami terus memperkuat kanal digital dari berbagai sisi,” tambah Ririek.
STEVY WIDIA
Discussion about this post