Tim IPB Raih Juara II Kompetisi Ilmu Pangan Dunia

Tim IPB pada Kompetisi Ilmu Pangan di AS. (Foto: IPB/youngster.id)

youngster.id - Tim mahasiswa program studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Fateta-IPB, Regali, berhasil meraih gelar Juara II dan Honorable Mention dalam kompetisi Developing Solutions for Developing Countries (DSDC) yang diadakan oleh Institute Food Technologist Student Association (IFTSA) pada tanggal 15-18 Juli 2018 di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Kompetisi DSDC merupakan salah satu rangkaian kegiatan IFT Expo 2018 yang diadakan untuk mahasiswa S1-S3 dari seluruh dunia. IFT merupakan organisasi profesi internasional bertempat di AS yang beranggotakan praktisi ilmu dan teknologi pangan, pengusaha, dan pemerintah yang berasal dari seluruh dunia.

“Kompetisi DSDC mendorong mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan teknologi pangan melalui pengembangan produk tepat guna yang layak dterapkan dari segi sosial-ekonomi dalam skala industri. Tujuannya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara berkembang,” ungkap Feri Kusnandar Hidayat, ketua tim ITP Fateta-IPB, yang disiarkan Humas IPB Kamis (26/7/2018) di Jakarta.

Menurut dia, tema yang diangkat tahun ini adalah solusi mengatasi food insecurity dan malnutrisi di daerah sub-saharan Afrika akibat dampak kekeringan selama dua tahun beruturut-turut. Sebanyak 61 proposal dari 11 negara terdaftar pada seleksi tahap awal, hingga terpilih enam tim pada tahap final. Tim terpilih diundang untuk hadir dalam rangkaian sesi presentasi oral di gedung McCormmick Place, Chicago, Amerika Serikat. Keenam tim tersebut terdiri atas tiga tim Indonesia, dua tim Kanada, dan satu tim AS.

Baca juga :   Cokelat Tinggi Kalsium dari Tulang Ikan Lele

Ajang final menilai sejumlah aspek, yakn full proposal, oral presentation, dan discussion. Hingga akhirnya terpilih tiga tim yang menjuarai DSDC 2018, yakni Team Tamuuji, Washington State University (AS), Team Regali, Bogor Agricultural University (Indonesia), dan Team Global Gryphons, University of Guelph (Kanada).

STEVY WIDIA