Tingkatkan Kompetensi Guru, FKS Foundation dan Ruangguru Berikan Pelatihan

pelatihan guru

Tingkatkan Kompetensi Guru, FKS Foundation dan Ruangguru Berikan Pelatihan (Foto: Ilustrasi/Kompasiana)

youngster.id - Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi para guru, FKS Foundation bersama Ruangguru memberikan pelatihan dan pembinaan guru melalui program FKS Indonesia Teaching Fellowship.

Program yang telah dilakukan sejak Juli2021 ini berfokus pada pelatihan kompetensi guru dalam bidang pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan teknologi melalui akses pembelajaran materi secara online, kelas pengayaan virtual, diskusi intensif dengan fasilitator, serta layanan konseling.

Menurut Andika Dwi Saputra, Corporate Social Responsibility Department Head FKS Foundation, program ini merupakan salah satu kontribusi nyata dari FKS Foundation untuk dunia pendidikan di Indonesia.

“Setelah sebelumnya berfokus pada pengembangan pendidikan siswa, kini FKS Foundation juga ingin mendukung peningkatan kualitas guru di Indonesia. Di tengah masa pandemi seperti sekarang, baik guru maupun siswa harus dapat beradaptasi tidak hanya dari sisi penggunaan teknologi, namun juga bagaimana menerapkan metode belajar yang aktif dan interaktif.” ujar Andika, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/12/2021).

Menggunakan metode blended learning, sebanyak 50 guru dari berbagai provinsi mendapatkan beasiswa pelatihan dan pembinaan dengan durasi satu tahun untuk meningkatkan kompetensi guru. Pada periode pertama pelatihan selama 3 bulan (Juli – Oktober 2021) program ini telah berhasil meningkatkan nilai Try Out Uji Kompetensi Guru (TO UKG) sebesar 17,63%. Peningkatan ini diukur dari rata-rata nilai yang diperoleh peserta pada TO UKG oleh Ruangguru, yaitu Try Out Uji Kompetensi Guru yang disusun oleh tim Ruangguru untuk menguji kompetensi pedagogik, teknologi, dan sosial guru.

“Kelanjutan kolaborasi kami bersama FKS Foundation merupakan bentuk kepercayaan bagi kami. Perubahan dunia pendidikan yang sangat dinamis di abad 21, menuntut guru sebagai salah satu pelaku pendidikan untuk selalu adaptif dan membekali diri dengan keterampilan agar dapat bersaing pada tingkat global. Melalui FKS ITF, kami akan terus meningkatkan kualitas pelatihan agar efektif dalam mengembangkan kompetensi guru, sehingga guru dapat melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa,” jelas Amri Illma, Kepala Kebijakan Publik Ruangguru.

Program FKS ITF masih akan berlanjut hingga Juni 2022. Para peserta guru yang telah mendaftarkan diri diberikan akses Ruangbelajar for Teacher, di mana mereka dapat mengakses modul pelatihan berupa video pembelajaran, kuis, dan rangkuman. Selain itu, para peserta guru juga dibekali dengan kelas pengayaan virtual bersama fasilitator profesional, buku kerja berisi rangkuman materi dan latihan soal untuk memperdalam materi, serta mendapatkan layanan konseling.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version