youngster.id - Platform audio lokal Noice telah mengadopsi pendekatan berbasis wawasan untuk meningkatkan keterlibatan pendengar, yang mengarah pada peningkatan jumlah pengguna aktif harian (DAU) sebesar 34% secara kuartal dan peningkatan jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) sebesar 21%.
Awalnya, tim pemasaran Noice membuat kampanye secara manual, yang menghambat mereka untuk melibatkan kembali pendengar yang sudah ada dan menyebabkan ketidakkonsistenan dalam alur komunikasi. Tujuan Noice adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada untuk meningkatkan daya tarik aplikasi. Kurangnya wawasan yang dapat ditindaklanjuti membuat mereka tidak dapat memahami pendengar dan preferensi mereka, yang pada gilirannya membuat mereka enggan untuk memperkuat strategi keterlibatan pendengar.
Virginia Fransiska, VP Pemasaran dan Kemitraan Noice mengatakan, agar dapat mengotomatiskan prosesnya, sehingga mengurangi waktu dan upaya manual, Noice menggandeng platform keterlibatan pelanggan berbasis wawasan MoEngage.
“Kemitraan kami dengan MoEngage benar-benar membantu kami mengumpulkan wawasan yang tepat, mengoptimalkan proses onboarding kami, dan memberikan pengalaman mendengarkan yang unggul bagi pendengar kami untuk menikmati momen tanpa layar tersebut. Dengan memanfaatkan alur dan kampanye MoEngage, kami dapat mempersonalisasi dan mengkontekstualisasikan komunikasi kami. Kami berharap dapat mengembangkan pendengar kami dan memberikan mereka pengalaman mendengarkan yang tak tertandingi dengan MoEngage yang mendukung kami dalam upaya keterlibatan dan retensi pendengar,” papar Virgiana, dikutip Senin, (17/4/2023).
Agar berhasil melibatkan pengguna, Noice menyiapkan alur orientasi 7 hari dengan menggunakan notifikasi push sebagai salurannya. Pemicu cerdas membantu perusahaan mengirimkan pesan yang kontekstual dan relevan kepada pendengarnya melalui saluran seperti pemberitahuan push, dalam aplikasi, email, dan SMS. Noice mengirimkan pemberitahuan yang dipicu berdasarkan peristiwa pengguna.
Untuk pengguna aplikasi yang membuka bilah pencarian tetapi belum mendengarkan podcast dalam 30 hari terakhir, notifikasi yang dipicu akan dikirim, dengan tujuan konversi agar mereka mulai mendengarkan. Komunikasi yang dipersonalisasi melalui pemicu cerdas berbasis peristiwa membantu mereka meningkatkan rasio keterikatan aplikasi sebesar 3%.
Dengan mengawasi analitik penghapusan instalan, Noice melacak penghapusan instalan pada perangkat Android dan iOS. Analisis ini dilakukan di tingkat pengguna, sehingga perusahaan menerima informasi tentang atribut pendengar seperti lokasi, jumlah sesi, dll.
Lebih jauh lagi, dengan saringan berupa waktu dan atribut, Noice bisa melacak pola penghapusan instalasi untuk jangka waktu tertentu dengan akurasi berbasis hari. Hal ini membantu Noice merancang langkah-langkah untuk lebih terlibat dengan kategori pendengar yang berisiko untuk menghapus aplikasi tersebut. Hasilnya adalah pengurangan 20% dalam jumlah pendengar yang menghapus instalasi dalam satu kuartal.
“Kami sangat senang dapat membantu Noice dalam mencapai tujuan mereka untuk menyediakan momen-momen menyenangkan bagi para pendengar. Kami berdedikasi untuk membantu tim Noice menavigasi platform keterlibatan pelanggan kami dan mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang akan meningkatkan basis pengguna aktif mereka dan mengurangi jumlah pengguna yang menghapus aplikasi,” kata Roy Simangunsong, Country Head Indonesia MoEngage.
HENNI S.