Rabu, 12 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Tokopedia Ciptakan 1,14 Juta Lapangan Kerja Baru

12 Oktober 2019
in News
Reading Time: 1 min read
Tokopedia Ciptakan 1,14 Juta Lapangan Kerja Baru

Wakil Direktur LPEM FEB UI Kiki Verico memaparkan hasil riset tentang Tokopedia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

6
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) memprediksi, Tokopedia akan menciptakan 1,14 juta lapangan kerja baru akhir tahun ini. Hal ini sejalan dengan jumlah mitra penjual di platform e-commerce itu yang rerata meningkat 150,4% per tahun.

Wakil Direktur LPEM FEB UI Kiki Verico menjelaskan, Tokopedia membuka 857 ribu lapangan pekerjaan sepanjang tahun lalu. Dari jumlah tersebut, 309 ribu di antaranya menjadikan Tokopedia sebagai sumber penghasilan utama.

“Tokopedia menciptakan 10,3% dari total lapangan pekerjaan baru di Indonesia pada tahun lalu,” kata dia dalam acara Super Ecosystem Tokopedia baru-baru ini di Djakarta Theater, Jakarta.

Baca juga :   Tokopedia Hadirkan Inovasi Untuk Permudah Belanja Selama Ramadan 1441H

Persebaran lapangan kerja tersebut antara lain di DKI Jakarta (207.117), Jawa Barat (172.348), Jawa Timur (112.488), Sumatera Utara (21.746), Bali (25.699), Sulawesi Selatan (7.194), dan Nusa Tenggara Barat (3.001). Saat ini, Tokopedia menggaet 6,4 juta mitra penjual. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang sebanyak 5 juta. Sekitar 86,55% merupakan pedagang baru dan 94% termasuk dalam kategori ultra mikro atau omzetnya di bawah Rp 100 juta per tahun.

“Dari sisi pemberdayaan ekonomi, Tokopedia terbukti mampu meningkatkan penjualan hingga 22%,” kata dia. Kenaikan penjualan mitra di beberapa daerah di luar Jawa bahkan signifikan. Gorontalo dan Jambi misalnya, mencapai 55,09% dan 41,88%.

Kiki mencatat, 38,6% mitra penjual di Tokopedia memproduksi barang dagangannya sendiri. Sekitar 77,4% bahan baku yang digunakan oleh para produsen itu berasal dari domestik.

Baca juga :   Perluas Jangkauan Pasar, Unilever Jajakan Produknya di Tokopedia

Bahwa tiga dari 10 pembeli di Tokopedia berbelanja untuk kegiatan produktif. Konsumen produktif ini mayoritas berasal dari luar Pulau Jawa. Contohnya, 54,55% konsumen Tokopedia dari Bengkulu membeli produk untuk memproduksi barang lain.

Data itu sejalan dengan temuan LPEM FEB UI bahwa transaksi di wilayah tengah dan timur Indonesia berasal dari bagian barat. Sebanyak 56% konsumen di bagian barat, membeli produk buatan masyarakat timur Tanah Air. Begitu juga dengan wilayah tengah. Sebanyak 54% konsumen di bagian barat membeli produk buatan masyarakat tengah Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Tags: Lapangan kerjaLembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI)Tokopedia
Previous Post

Sri Mulyani: Ekonomi Digital RI Tercepat di Asia

Next Post

PermataBank Dukung Perempuan Penggiat Ekonomi Di Cianjur

Related Posts

Transaksi Kripto
Headline

Industri Kripto Berpotensi Ciptakan 1,22 Juta Lapangan Kerja di Indonesia

16 Oktober 2025
0
Transaksi Kripto
Headline

Industri Kripto Sumbang Rp70 Triliun bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

10 Oktober 2025
0
Platform OLX
Headline

Jumlah Lapangan Kerja di Platform OLX Naik di Kuartal II 2025

13 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
PermataBank Dukung Perempuan Penggiat Ekonomi Di Cianjur

PermataBank Dukung Perempuan Penggiat Ekonomi Di Cianjur

Huawei Dukung Peningkatan Ekonomi Digital Asia Pasifik

Huawei Dukung Kesiapan SDM Indonesia Sambut Ekosistem 5G

AMVESINDO

Kemenristekdikti Gandeng Amvesindo Untuk Tarik Investor Bagi Startup

Discussion about this post

Recent Updates

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version