Selasa, 9 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Total Nilai Ekspor UMKM Binaan BCA Capai Rp37 Miliar Hingga Akhir 2024

21 Desember 2024
in News
Reading Time: 2 mins read
UMKM BCA Go Export

Total Nilai Ekspor UMKM Binaan BCA Capai Rp37 Miliar Hingga Akhir 2024 (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dua UMKM binaan BCA dari Padang dan Tulungagung melakukan ekspor perdana. UMKM binaan BCA dari Tulungagung berfokus pada produk furnitur batu alam, dan berhasil mengapalkan ekspor ke Perancis dan Belanda. Sementara itu, UMKM dari Padang memproduksi olahan rempah-rempah, dan memperoleh kontrak ekspor ke Thailand.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, pelaksanaan ekspor ini merupakan kelanjutan dari program “UMKM BCA Go Export”, sekaligus mendukung program pemerintah dalam memperluas peran UMKM Indonesia di pasar global.

Menurutnya, keberhasilan UMKM binaan BCA dalam ekspor ini merupakan bukti nyata bahwa UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar internasional. Lebih dari sekadar ekspor, ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan produk Indonesia ke panggung global dan membuka peluang baru yang lebih besar di masa depan.

Baca juga :   Shopee Siap Ekspor Produk UMKM Indonesia

“BCA merasa bangga dapat mendampingi perjalanan mereka melalui program UMKM BCA Go Export, yakni sebuah ekosistem yang kami ciptakan untuk mendukung UMKM berkembang dan berdaya saing tinggi,” kata Hera, Sabtu (21/12/2024).

Sebelumnya, program “UMKM BCA Go Export” telah berhasil mendorong sejumlah UMKM binaan lainnya untuk menembus pasar internasional. Secara total, potensi nilai ekspor yang berhasil diciptakan mencapai sekitar Rp37 miliar hingga akhir 2024. Beberapa komoditas lainnya yang berhasil diekspor antara lain produk kakao bubuk dan olahan cokelat, olahan ikan, kerajinan tangan, produk benih unggulan, produk kacang-kacangan, hingga produk kecantikan. Adapun negara lainnya yang menjadi tujuan ekspor antara lain Malaysia, Singapura, Tiongkok, Jepang, Australia, India, Uni Emirat Arab, hingga Papua Nugini.

Program “UMKM BCA Go Export” merupakan bagian dari program pengembangan berkelanjutan ‘Bakti BCA’, khususnya pada pilar Desa Bakti BCA dan Pemberdayaan UMKM. Program ini telah diselenggarakan sejak tahun 2023 lalu, dan tahun ini BCA berkolaborasi dengan International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia. Selama dua tahun terakhir, total UMKM yang dibina telah mencapai hampir 120 peserta. Sementara itu, lokasi program tersebar pada sejumlah lumbung UMKM terbanyak di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, hingga Sumatera Barat.

Baca juga :   2019, E-Commerce Indonesia Bakal Tumbuh 8 Kali Lipat

Dalam pelaksanaannya, Bakti BCA bersama ICC Indonesia terlebih dahulu melakukan pra-kurasi melalui riset pasar dan konsolidasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk-produk UMKM yang berpotensi diminati di pasar global, serta memberikan informasi terkait negara tujuan ekspor dan data konsumen potensial. Setelah tahap pra-kurasi, UMKM akan melalui proses kurasi, proses penilaian produk berdasarkan kesesuaian lini bisnis, kapasitas produksi, kelengkapan dokumen, hasil verifikasi lapangan, serta kecocokan akan kebutuhan pasar global.

Setelah semua tahapan tersebut selesai, UMKM yang telah lolos proses kurasi memperoleh pelatihan dan pendampingan dalam mengakses pasar internasional. Bakti BCA juga mengajak UMKM untuk berpartisipasi dalam ajang promosi bergengsi seperti Trade Expo Indonesia dan BCA UMKM Fest, sekaligus mendampingi proses transaksi dengan calon pembeli dari luar negeri. Pada akhir tahun 2024, program “UMKM BCA Go Export” telah mencatat peningkatan business matching hingga 10x lipat secara tahunan (year-on-year/YoY).

Baca juga :   Kampus UMKM Shopee Ekspor Di Buka di Surakarta Dengan Target 10.000 Eksportir Baru

“Ke depan, kami akan terus memperkuat program UMKM BCA Go Export, termasuk dalam hal peningkatan kapabilitas pelaku usaha, peningkatan kualitas produk UMKM, serta perluasan akses pasar. Langkah ini adalah bagian dari komitmen kami untuk senantiasa mendorong UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia yang kuat dan berkelanjutan di masa depan,” tutup Hera.

 

STEVY WIDIA

Tags: ekspor UMKMUMKM Binaan BCA
Previous Post

5 Tips Jaga Keamanan Saat Travelling

Next Post

Ini Tiga Model Ekonomi Kreatif Yang Bakal Tren di 2025

Related Posts

Shopee UMKM Kampus Ekspor
Headline

Kampus UMKM Shopee Ekspor Di Buka di Surakarta Dengan Target 10.000 Eksportir Baru

20 Mei 2021
0
Bansos UMKM Tahap II Targetkan 3 Juta Usaha
Headline

Target Ekspor UMKM Naik Jadi 15,12%

9 Januari 2021
0
Gandeng Facebook, Shopee Edukasi Para Penjual Online
Headline

Shopee Siap Ekspor Produk UMKM Indonesia

22 Maret 2019
0
Load More
Next Post
Ini Tiga Model Ekonomi Kreatif Yang Bakal Tren di 2025

Ini Tiga Model Ekonomi Kreatif Yang Bakal Tren di 2025

Huawei Hadirkan Fitur Pola Batik Indonesia pada Aplikasi GoPaint

Huawei Hadirkan Fitur Pola Batik Indonesia pada Aplikasi GoPaint

Dukung Pertumbuhan Usaha Lokal Evermos Gandeng Telkomsel

Dukung Pertumbuhan Usaha Lokal Evermos Gandeng Telkomsel

Discussion about this post

Recent Updates

BCA Digital x Kredivo Group

Perluas Akses Kredit Digital, BCA Digital Salurkan Fasilitas Channeling ke Kredivo Group

8 Desember 2025
Kargo Technologies

Kargo Technologies Targetkan Elektrifikasi 40.000 Kendaraan Logistik pada 2035

8 Desember 2025
Honest Card

Orang Indonesia Tetap Aktif Belanja di Luar Negeri di Tengah Ketatnya Ekonomi

8 Desember 2025
NUS

Bahas Masa Depan Pendidikan Tinggi di Era AI, NUS Gandeng Tiga Universitas Besar Indonesia

8 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
BCA Digital x Kredivo Group

Perluas Akses Kredit Digital, BCA Digital Salurkan Fasilitas Channeling ke Kredivo Group

8 Desember 2025
Kargo Technologies

Kargo Technologies Targetkan Elektrifikasi 40.000 Kendaraan Logistik pada 2035

8 Desember 2025
Honest Card

Orang Indonesia Tetap Aktif Belanja di Luar Negeri di Tengah Ketatnya Ekonomi

8 Desember 2025
NUS

Bahas Masa Depan Pendidikan Tinggi di Era AI, NUS Gandeng Tiga Universitas Besar Indonesia

8 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version