youngster.id - Kementerian Perhubungan RI telah memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang atau tumbuh 14,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data/ broadband akan melonjak hingga 11,2% dibandingkan hari biasa.
Pertumbuhan tersebut diperkirakan dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama Ramadan Idul Fitri (RAFI) 2023. Seperti akses layanan media sosial yang melonjak hingga 6,2%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sekira 20%, layanan streaming video tumbuh 15,6%, layanan mobile gaming naik 32,4%, akses browsing melonjak 2,4%, dan akses layanan e-commerce meningkat 7%.
Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 8,5% serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekira 7,1%.
Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.
“Mengusung tema ‘Nyalakan Kebersamaan’, kami berharap dapat memastikan kelancaran serta kenyamanan pelanggan beraktivitas dan beribadah melalui dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini yang melampaui ekspektasi pelanggan,” kata Hendri dalam keterangan pers, Jumat (24/3/2023).
POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya. Serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Km juga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.
Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yang melayani 96% wilayah populasi di Indonesia dan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.
Upaya lain yang telah dipersiapkan Telkomsel yakni dengan menambah kapasitas jaringan untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan untuk Internet, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12.590 Gbps. Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.
Menurut Hendri, Telkomsel sejak 2022 secara bertahap dan terukur telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini. Selain itu, Telkomsel memastikan seluruh kanal layanan pelanggan selama RAFI 2023, mulai dari layanan call center 188, layanan online akun resmi asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka, serta GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Telkomsel telah menyiagakan 376 GraPARI berkolaborasi dengan lebih dari 400 ribu mitra outlet di seluruh Indonesia, serta menghadirkan layanan Posko Telkomsel Siaga yang tersedia di sejumlah titik keramaian dan area transit transportasi mudik untuk melayani kebutuhan pelanggan secara offline (walk-in).
”Mengusung konsep sharing economy, bantuan yang diberikan oleh Telkomsel juga akan mengajak partisipasi dan dukungan dari sejumlah pelaku UMKM di wilayah sekitar penerima manfaat yang dilakukan melalui penyediaan makanan gratis untuk berbuka puasa dan sahur, dana sosial, bantuan perangkat ibadah, hingga paket sembako,” pungkas Hendri.
STEVY WIDIA
Discussion about this post