Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Trafik Layanan Data Diprediksi Melonjak,Telkomsel Mutakhirkan Teknologi Jaringan di 490 POI

25 Maret 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
Telkomsel Mudik

Telkomsel melakukan rangkaian uji jaringan di jalur mudik Lebaran 2022. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Perhubungan RI telah memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang atau tumbuh 14,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data/ broadband akan melonjak hingga 11,2% dibandingkan hari biasa.

Pertumbuhan tersebut diperkirakan dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama Ramadan Idul Fitri (RAFI) 2023. Seperti akses layanan media sosial yang melonjak hingga 6,2%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sekira 20%, layanan streaming video tumbuh 15,6%, layanan mobile gaming naik 32,4%, akses browsing melonjak 2,4%, dan akses layanan e-commerce meningkat 7%.

Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 8,5% serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekira 7,1%.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Baca juga :   Telkomsel Perluas Pemerataan Akses Broadband 4G LTE hingga Wilayah 3T

“Mengusung tema ‘Nyalakan Kebersamaan’, kami berharap dapat memastikan kelancaran serta kenyamanan pelanggan beraktivitas dan beribadah melalui dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini yang melampaui ekspektasi pelanggan,” kata Hendri dalam keterangan pers, Jumat (24/3/2023).

POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya. Serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Km juga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yang melayani 96% wilayah populasi di Indonesia dan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.

Baca juga :   Film Drama "Kau dan Dia" Sukses Raih 8 Juta Penonton di Platform Streaming

Upaya lain yang telah dipersiapkan Telkomsel yakni dengan menambah kapasitas jaringan untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan untuk Internet, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12.590 Gbps. Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.

Menurut Hendri, Telkomsel sejak 2022 secara bertahap dan terukur telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini.  Selain itu, Telkomsel memastikan seluruh kanal layanan pelanggan selama RAFI 2023, mulai dari layanan call center 188, layanan online akun resmi asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka, serta GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Telkomsel telah menyiagakan 376 GraPARI berkolaborasi dengan lebih dari 400 ribu mitra outlet di seluruh Indonesia, serta menghadirkan layanan Posko Telkomsel Siaga yang tersedia di sejumlah titik keramaian dan area transit transportasi mudik untuk melayani kebutuhan pelanggan secara offline (walk-in).

”Mengusung konsep sharing economy, bantuan yang diberikan oleh Telkomsel juga akan mengajak partisipasi dan dukungan dari sejumlah pelaku UMKM di wilayah sekitar penerima manfaat yang dilakukan melalui penyediaan makanan gratis untuk berbuka puasa dan sahur, dana sosial, bantuan perangkat ibadah, hingga paket sembako,” pungkas Hendri.

Baca juga :   Telkomsel Upgrade Layanan 3G ke 4G/LTE di 143 Kota/Kabupaten di Juli 2022

 

STEVY WIDIA

Tags: aktivitas digitalPoint of Interest (POI)RAFI 2023Telkomsel
Previous Post

Telkom Sukses Tutup 2022 dengan Pendapatan Konsolidasi Rp147,31 Triliun dan Laba Bersih Operasi Sebesar Rp25,86 Triliun

Next Post

WhatsApp Desktop di Windows Kini Bisa Video Call hingga 8 Orang

Related Posts

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta
News

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
0
IndonesiaNEXT 2025 Pertajam Keahlian Berbasis AI Generasi Muda
Headline

IndonesiaNEXT 2025 Pertajam Keahlian Berbasis AI Generasi Muda

19 September 2025
0
Operator Telekomunikasi Tebar Promo Hari Pelanggan Nasional 2025
Headline

Operator Telekomunikasi Tebar Promo Hari Pelanggan Nasional 2025

6 September 2025
0
Load More
Next Post
WhatsApp Desktop

WhatsApp Desktop di Windows Kini Bisa Video Call hingga 8 Orang

NTT Startup Challenge 2024

Indonesia Masuk Jajaran Negara dengan Jumlah Startup Terbanyak di Dunia

PUBG MOBILE Professional League (PMPL) SEA 2022

Realme Fokus Kembangkan Ekosistem Esport dan Talenta Muda di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
Punya 7,6 Juta Member, Sociolla Award 2025 Lakukan Kurasi Berdasar Review Pengguna

Punya 7,6 Juta Member, Sociolla Award 2025 Lakukan Kurasi Berdasar Review Pengguna

30 September 2025
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
Punya 7,6 Juta Member, Sociolla Award 2025 Lakukan Kurasi Berdasar Review Pengguna

Punya 7,6 Juta Member, Sociolla Award 2025 Lakukan Kurasi Berdasar Review Pengguna

30 September 2025
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version