youngster.id - Pemerintah telah memberi pelonggaran berwisata dengan membolehkan masyarakat yang bepergian dengan pesawat terbang ke tujuan domestik dan internasional tidak perlu menyertakan tes antigen atau PCR. Hal ini diharapkan dapat menjadi titik balik kebangkitan sektor perjalanan.
Pada periode April-Mei 2022, Traveloka mencatat kenaikan pencarian untuk perjalanan domestik sebesar 51,59% dan luar negeri sebesar 82,80% dibandingkan periode Februari-Maret 2022.
“Tingginya kenaikan traffic di berbagai layanan Traveloka selama libur lebaran merefleksikan tingginya minat dan kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan wisata secara aman dan nyaman. Kami optimis sektor pariwisata nasional akan semakin cepat pulih didukung keberhasilan upaya-upaya penanggulangan pandemi COVID-19 yang dilakukan pemerintah dan ketaatan masyarakat dalam menjalani protokol kesehatan,” kata Albert, Chief External Relations Officer dan co-founder Traveloka dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).
Menurut dia, antusiasme ini terefleksi di aplikasi lifestyle superapp Traveloka. Sepanjang April hingga pertengahan Mei 2022, Traveloka mencatatkan kenaikan traffic dan juga pemesanan transportasi selama libur lebaran, seperti pemesanan tiket kereta api yang melonjak 56%, bus dan shuttle (51%) dan pesawat (39%) dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Tren kenaikan pemesanan juga terjadi pada layanan akomodasi yang mengalami peningkatan hingga 32% dibandingkan dengan kuartal 1 tahun ini dengan destinasi favorit untuk menginap meliputi Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya dan Bali.
Selain layanan akomodasi dan transportasi, layanan Traveloka lain seperti Traveloka Xperience juga mencatatkan pertumbuhan transaksi tertinggi di tahun ini, naik hingga tiga kali lipat terutama untuk produk-produk atraksi wisata serta spa dan kecantikan.
Traveloka Eats juga mengalami peningkatan penjualan di bulan Ramadan hingga 62% saat jam buka puasa. Hal ini berimbas positif terhadap bisnis ribuan mitra Traveloka dan menambah optimisme mereka untuk turut mendukung pemulihan ekosistem pariwisata nasional.
“Sebagai lifestyle superapp, Traveloka menghadirkan ragam produk dan layanan dalam memenuhi aspirasi gaya hidup dan perjalanan konsumen sehingga mempermudah mereka merencanakan wisata impian sebagai wujud self-reward untuk mendapatkan inspirasi gaya hidup,” kata Albert lagi.
Traveloka bekerja sama dengan banyak mitra strategis mulai dari jaringan hotel, maskapai penerbangan dan penyedia layanan keuangan terkemuka untuk memberikan pengalaman perjalanan dan gaya hidup terbaik.
“Dengan situasi pandemi yang semakin terkendali, kami menyambut baik antusiasme masyarakat yang mulai meningkat untuk berwisata kembali, dan bersiap untuk #LihatDuniaLagi. Traveloka siap menjadi #TemanHidup dengan menghadirkan beragam produk dan layanan untuk konsumen, hanya dalam satu aplikasi. Lebih jauh, sebagai lifestyle superapp di Asia Tenggara, Traveloka akan terus berperan aktif dalam mendukung kebangkitan industri pariwisata nasional, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” tutup Albert.
STEVY WIDIA
Discussion about this post