youngster.id - Belakangan, seiring dengan menjamurnya penggunaan media sosial, social commerce menjadi metode jual beli yang kian populer. Peluang ini ditangkap oleh Orami dengan menghadirkan layanan IbuSibuk Orami. Ini adalah layanan berkonsep social commerce yang menggandeng para ibu jadi sosial media influncer yang mendapatkan keuntungan.
Head of Business Development Orami (SIRCLO Group) Raymond Wirya Santosa mengatakan, IbuSibuk merupakan program pemberdayaan ekonomi Ibu yang menghubungkan mereka dengan berbagai brand untuk berkolaborasi di berbagai macam program social commerce baik sebagai nano-influencers, maupun reseller. Para anggota IbuSibuk tidak hanya diberi akses ke beragam kampanye dari brand, tetapi juga mendapatkan pelatihan eksklusif yang berkaitan dengan pengembangan diri dan pelatihan untuk menjadi influencer profesional.
“Kami mengamati tren menarik yang ada di komunitas ibu Orami. Semua anggota komunitas Orami ini sangat aktif di media sosial, menjadikan mereka adalah sosok yang sangat influential. Kami melihat potensi bahwa media sosial yang digunakan para Ibu ini bisa menjadi hal yang produktif,” papar Raymond dalam keterangan pers, Jumat (27/5/2022).
Raymond menegaskan, selain memberikan peluang bagi para Ibu untuk mendapat penghasilan tambahan dari rumah, IbuSibuk juga memfasilitasi mereka untuk mengembangkan diri dan membangun koneksi dengan komunitas sesama Ibu. Beberapa kelas eksklusif hingga sesi webinar telah secara rutin diselenggarakan dengan membahas berbagai topik terkini seputar parenting, manajemen waktu, personal branding, serta berbagai topik yang mendukung Ibu untuk menjadi influencer yang semakin handal.
“Hipotesis kami ini terbukti dengan pertumbuhan pesat komunitas IbuSibuk dan disambut juga dengan ratusan brand yang telah menggunakan jasa IbuSibuk untuk membantu pertumbuhan bisnisnya. Adanya simbiosis mutualisme ini yang kami harap dapat membuat IbuSibuk untuk terus memberikan manfaat baik bagi para Ibu maupun brand dari berbagai skala,” katanya.
Menurut Raymond, setelah setahun diluncurkan saat ini, IbuSibuk telah memiliki lebih dari 50.000 anggota yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia ke dalam program IbuSibuk, menjadikan IbuSibuk sebagai komunitas momfluencers dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Para influencers ini tidak hanya terdiri atas mereka yang berdomisili di wilayah metropolitan, 60% dari total jumlah anggota komunitas ini justru datang dari wilayah Jabodetabek dan tersebar di lebih dari 75 kota di Tanah Air. Mayoritas anggota IbuSibuk merupakan Ibu rumah tangga dan kini mereka memiliki penghasilan tambahan dengan adanya program IbuSibuk.
Menurut Raymond, saat ini IbuSibuk tengah mempersiapkan fitur terbarunya, yakni IbuSibuk Reseller. Layanan ini memungkinkan Ibu untuk tidak hanya berpartisipasi di berbagai kampanye brand, namun juga memperoleh penghasilan tambahan dari rumah dengan menjadi reseller.
“Dengan iklim yang memungkinkan Ibu untuk dapat mandiri secara ekonomi dan perluasan layanan yang semakin dapat mengakomodasi beragam kebutuhan mereka, pertumbuhan anggota IbuSibuk diproyeksikan mencapai 100.000 ribu pada akhir tahun 2022,” ujarnya.
Hingga saat ini, terdapat lebih dari 200 brand yang bekerja sama dengan IbuSibuk, baik dari segmen multi-nasional maupun UMKM. Tidak hanya itu, lebih dari 1500 kampanye influencers juga telah berjalan di platform IbuSibuk hanya dalam kurun waktu 6 bulan. Hal ini membuktikan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan nano-influencers sangat menarik bagi pemilik usaha sebagai salah satu cara meningkatkan awareness terhadap produk mereka.
Bagi para member IbuSibuk sendiri, manfaat yang mereka dapatkan tidak hanya perkara finansial namun juga aktualisasi diri. “Bergabung jadi IbuSibuk bukan hanya soal angka, tapi juga kami dilatih bertanggung jawab terkait deadline, mengatur prioritas dengan urusan anak dan rumah. Kami belajar juga bagaimana berkomunikasi dengan orang, menyelesaikan permasalahan, dan mengatur waktu. Kami jadi makin berdaya, pikiran kita jadi tidak tumpul,” kata Desty Laras Kurnia Suri, salah seorang member IbuSibuk.
STEVY WIDIA
Discussion about this post