Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

UMKM Bisa Memanfaatkan Ruang Digital untuk Pemasaran dan Personal Branding

1 April 2024
in News
Reading Time: 2 mins read
pemasaran digital

Kolaborasi transcosmos Indonesia, Plugo dan Revolusi Lokal Dorong UMKM Memaksimalkan Pemasaran Digital (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Banyaknya pengguna internet di Indonesia menjadi peluang bagi individu atau bahkan pengusaha untuk membangun branding memasarkan diri, produk, atau jasa.

Survei dari We Are Social dan Kepios 2022 menyebutkan, pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, kini bahkan mencapai 204 juta pengguna atau sudah digunakan oleh 73,7% penduduk Indonesia.

Sejumlah 80,1% penduduk Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi dan dapat menghabiskan waktu 8 jam 36 menit dalam satu hari menggunakan internet.

Menurut Influencer Marketing Hub, personal branding adalah cara untuk memasarkan diri sendiri (barang atau jasa), yang merupakan kombinasi unik antara kemampuan, pengalaman, dan kepribadian yang ingin ditampilkan dan dilihat oleh dunia.

Instruktur Adopsi Digital DEA KOMINFO Anggraini Hermana menjelaskan, ada banyak hal yang dapat dimanfaatkan badan usaha dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendorong kemajuan usahanya.

Dampak positif internet untuk pengusaha antara lain, pengembangan jaringan dan kolaborasi, promosi dan pemasaran, pengembangan ekosistem UMKM dari rantai produksi hingga distribusi, peningkatan akses terhadap sumber daya alam sebagai bahan baku, dan pengoptimalan akses terhadap sumber daya digital.

Baca juga :   Menggali Potensi Wisata di Natuna

Saat ini, ada banyak platform digital yang dapat membantu pengusaha mengembangkan usahanya, seperti marketplace dalam negeri: Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, marketplace luar negeri, Facebook Marketplace, Instagram Business, Google Business, WhatsApp Business, Tik-tok Shop, Youtube, Website, dan Pinterest.

“Digitalisasi dapat meningkatkan penjualan produk UMKM dengan melakukan riset, menentukan model bisnis, menentukan platform apa yang akan digunakan, mengetahui sistem pemasaran online dengan pembangunan prasarana digital, memperhatikan trend market, serta beradaptasi,” jelas Anggraini, dikutip Senin (1/4/2024)..

Dosen Pengajar Ilmu Komunikasi Ade Irma Sukmawati menyampaikan saat membangun personal branding atau memanfaatkan ruang digital untuk pemasaran produk pastikan untuk mengedepankan etika.

Contohnya, jangan melakukan plagiasi konten, mendistribusikan produk bermuatan konten negatif, atau mengunggah ulang konten maupun informasi yang tidak terverifikasi.

Baca juga :   Tokopedia dan Telkomsel Jalin Kerjasama

Saat menjaga etika di media digital atau netiket, individu atau pengusaha untuk selalu sadar menyempatkan waktu, menyediakan waktu untuk berpikir sebelum berinteraksi dan berpartisipasi.

“Jaga integritas dengan menjunjung kejujuran dan orisinalitas, bertanggung jawab dengan cara siap akan segala konsekuensi dan rela dikonfirmasi, serta peduli dengan prinsip kemanusiaan,” saran Ade.

Pelaku UMKM Vintage Jogja Tri Purwanto (Iponk Sosronadi Goenturmadu) punya cara tersendiri untuk membangun personal branding dari Vintage Jogja yang menjual kaos vintage atau kaos lawas bermotif band musik, film, dan parodi yang langka.

Tri bercerita, kaos vintage langka ini awalnya hanya dikenal oleh segelintir orang yaitu kolektor dan komunitas. Namun, seiring waktu kaos vintage berhasil digemari banyak orang.

Menurut Tri, ada tiga cara yang dilakukannya untuk membantu pemasaran kaos vintage di ruang digital, yaitu melalui product awareness (mawas produk), positioning (memposisikan merek), dan brand image (citra produk).

“Penjelasan para seller mengenai kaos vintage ini banyak menarik perhatian para penonton untuk lebih mengulik tentang kaos vintage. Dari yang awalnya belum paham apa itu kaosnya, mereka mencari tahu dan menikmati ternyata cocok dengan selera mereka masing-masing dan akhirnya mereka mencari dan memburu kaos tersebut di berbagai media sosial,” kata Tri.

Baca juga :   Lazada dan Good Doctor Gelar Vaksinasi Covid-19 di 5 Wilayah

Adapun media sosial yang digunakan untuk strategi pemasaran kaos vintage ini: 70% di Instagram, 20% dari Tiktok, dan 10% di aplikasi lain seperti Facebook dan Carousell.

Selain memasarkan atau menjual kaos vintage, Tri punya cara sendiri untuk meyakinkan calon pembelinya untuk memutuskan membeli dan melakukan transaksi ulang di kemudian hari, yaitu dengan memberi edukasi terkait originalitas produk dan memberi garansi 100% jika kaos yang dibeli tidak asli.

“Pihak Seller wajib refund atau pengembalian barang jika ada hal yang tidak diinginkan, maka dari itu tingkat kekhawatiran mendapatkan produk palsu sangat minim,” jelas Tri.

 

HENNI S.

Tags: pemasran digitalpersonal brandingruang digital
Previous Post

Lonjakan Trafik Layanan XL Axiata Diprediksi Naik Hingga 20% Selama Libur Lebaran 2024

Next Post

Program Rans Nusantara Hebat Buka Peluang Bagi Ratusan Kuliner UMKM

Related Posts

Pemerintah Blokir “game online” Berbahaya
Headline

Pemerintah Akan Buat Sistem Rating dan Atur Batas Usia untuk Game Online

9 Juli 2025
0
Meniti karier
Headline

Bingung dan Merasa Tidak Berkembang? Ini Tips Meningkatkan Karier dengan Percaya Diri

11 Agustus 2024
0
cybercrime
News

Huawei Komit Dukung Pemerintah Antisipasi Tantangan Keamanan Siber di Ruang Digital

17 Agustus 2023
0
Load More
Next Post
Rans Nusantara Hebat

Program Rans Nusantara Hebat Buka Peluang Bagi Ratusan Kuliner UMKM

stimulus kredit UMKM

UMKM Penerima Terbesar Stimulus Restrukturisasi Kredit

PasarPolis

PasarPolis Catat Pertumbuhan Pendapatan 2 Kali Lipat Sejak Pendanaan Terakhir

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version