youngster.id - Komoditas kopi memiliki potensi sangat besar meningkatkan perekonomian nasional karena persebaran peminat kopi Indonesia di seluruh dunia. Hal ini mendorong Initial Coffee Roaster membawa biji kopi lokal ke panggung nasional. Mereka memanfaatkan program Hyperlocal di Tokopedia.
Startup yang didirikan sejak 2014 ini juga memberdayakan ratusan petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa hingga Papua.
Pemilik Initial Coffee Roaster, Ivan Hartanto mengatakan, usaha ini bukan hanya sebagai kedai kopi. “Kami memiliki tujuan memberdayakan dan meningkatkan nilai tambah setiap pelaku yang berperan di rantai industri kopi, mulai dari petani kopi, prosesor kopi dan masih banyak lagi,” kata Ivan dalam keterangan pers, Rabu (19/10/2022).
UMKM asal Surabaya ini didirikan Ivan bersama dua rekannya, Kenny Soewondo dan Kevin Soewondo. Menurut Ivan, Initial Coffee Roaster membeli biji kopi langsung dari ratusan petani kopi lokal, tanpa perantara. Mereka juga memastikan pembelian dilakukan di awal agar para petani bisa punya pegangan modal untuk mengembangkan produktivitas lahan kopi mereka.
“Kami ingin kopi lokal berkualitas tinggi menjadi produk yang inklusif; bisa dinikmati oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja” ujar Ivan.
Untuk itu mereka memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh Tokopedia. Initial Coffee Roaster rajin mengikuti berbagai kampanye di bawah naungan inisiatif Hyperlocal Tokopedia. Salah satunya Tokopedia NYAM!
“Berkat mengikuti kampanye ini, transaksi produk best seller kami, Kopi Espresso Early Riser Blend, melonjak 2 kali lipat. Bahkan produk kami bisa tembus luar Surabaya seperti Bogor, Sumbawa dan Samarinda,” ujar Ivan.
Selain memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omzet, Tokopedia juga membantu Initial Coffee Roaster menambah menambah jangkauan pasar dan meningkatkan minat peminum kopi . Terutama homebrewer ataupun kedai kopi baru agar mencoba biji kopi specialty grade buatan anak negeri.
Ivan juga mengaku, Initial Coffee Roaster aktif melakukan edukasi tentang kopi kepada masyarakat. Salah satunya lewat Coffee Academy. “Melalui program ini, kami tidak hanya membuka pelatihan bagi masyarakat umum yang ingin belajar tentang kopi, tetapi juga bagi mereka yang ingin menjadi barista. Sejauh ini sudah ada lebih dari 300 orang yang belajar di Premium Coffee Academy kami,” ungkapnya.
Initial Coffee Roaster juga giat berinovasi dan akan meluncurkan produk terbarunya, yakni kopi celup. “Kehadiran produk ini berangkat dari keinginan kami untuk terus menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, terutama yang ingin menikmati kopi secara lebih praktis atau tidak memerlukan peralatan khusus,” pungkas Ivan.
Tren ini didorong oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan UMKM di berbagai daerah termasuk Surabaya dengan pembeli setempat, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz mengatakan, selama semester I 2022, Tokopedia mencatat kenaikan jumlah transaksi dan pembeli, khususnya di Surabaya, mencapai hampir 1,5 kali lipat. “Kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori paling laris di Surabaya,” katanya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post