VC OCBC NISP Siapkan Modal Buat Startup di Bidang Perbankan

Bank OCBC NISP meluncurkan Tidak Ada Yang Tidak Bisa (TAYTB). (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - OCBC NISP Ventura, modal ventura dari Bank OCBC NISP telah memperoleh lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Investasi ini akan ditujukan untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia dan mendorong transformasi di sektor perbankan.

Modal ventura OCBC NISP itu menyiapkan Rp400 miliar guna berinvestasi pada startup di beragam sektor, dari fintech, proptech, logistik, media, teknologi kesehatan, hingga teknologi pendidikan.

“Subdivisi ventura bank bertujuan memperkuat ekosistem digital Indonesia dan mendorong transformasi di sektor perbankan,” kata Ka Jit The Kepala Strategi, dan Inovasi OCBC NISP dikutip dari KrAsia, Selasa (28/1/2020).

Bank itu membentuk modal ventura pada 2019. “Tim investasi sudah menganalisis startup yang berpotensi menerima kucuran dana dari kami,” ujar Ka.

Tahun ini, OCBC NISP Ventura menargetkan untuk terlibat dalam delapan investasi. Selain itu, OCBC NISP Ventura juga bakal menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan lain, serta melakukan inkubasi startup.

Selain OCBC NISP, sejumlah bank konvensional juga membentuk modal venturanya sendiri. Pada 2015, Bank Mandiri mendirikan Mandiri Capital Indonesia; diikuti oleh BCA dua tahun kemudian.

STEVY WIDIA

Exit mobile version