WhatsApp Bantu Pedagang Pasar Go Digital dengan Pasar JuWAra

Pasar tradisional (foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

youngster.id - Pedagang pasar tradisional yang umumnya bergantung pada penjualan tatap muka menjadi salah satu pihak paling terdampak akibat pandemi ini. Seperti misalnya penjaja jamu dan pedagang pakaian di kios. Ketika pandemi melanda tahun lalu, penjualan mereka menurun drastis.

Untuk mendukung para pedagang tersebut, WhatsApp dan UKM Indonesia menggelar pelatihan Pasar JuWAra. Program ini melatih 1.243 pedagang dari 66 pasar tradisional yang tersebar di 25 kabupaten/kota Indonesia.

“WhatsApp sangat peduli terhadap UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Kami berharap Program Pasar JuWAra kami dengan UKM Indonesia dapat mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi,” kata Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia dalam keterangan pers, Senin (10/5/2021).

Dia menjelaskan, program ini dirancang agar pedagang yang telah menerima pelatihan dapat mengajari rekan-rekan pedagang di sekitar mereka tentang cara menggunakan WhatsApp Business untuk meningkatkan penjualan mereka.

WhatsApp meluncurkan aplikasi gratis WhatsApp Business yang khusus didesain untuk membantu para pelaku UMKM pada 2018 lalu. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti Balasan Cepat, Katalog, Keranjang, dan Pesan Otomatis untuk membantu pelaku UMKM memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan memudahkan transaksi mereka. Saat ini, ada lebih dari 175 juta orang berkirim pesan ke akun WhatsApp Business setiap harinya.

“WhatsApp telah menjadi mitra kami sejak lama karena kami berbagi visi yang sama untuk memberdayakan UMKM di Indonesia. Kini, kami bermitra kembali untuk menghadirkan pelatihan ini bagi para pedagang pasar di pelosok Indonesia yang terdampak pandemi. Saat ini, kita tidak harus memiliki komputer untuk berjualan secara daring. Cukup dengan aplikasi yang mudah digunakan seperti WhatsApp Business sudah bisa membantu para pedagang berkembang bahkan di tengah pandemi,” kata Dewi Meisari, Project Leader UKMIndonesia.id

Pelatihan ini dikemas ringan agar mudah dipahami. Para pedagang diajari cara memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di WhatsApp Business, serta cara efisien melayani dan bertransaksi dengan pelanggan melalui WhatsApp. Selain itu, mereka juga diajari cara memfoto produk mereka agar dapat menarik pembeli.

WhatsApp juga menggandeng influencer nasional seperti Alyssa Soebandono dan influencer lokal, seperti  Febrii Hikarudi Padang, Sophie Navitadi Bali, dan Sabria Kono di Yogyakarta, untuk mempromosikan keberadaan pedagang pasar yang kini bisa dihubungi melalui WhatsApp. Selain itu,

Selain itu, Pasar JuWAra juga mengadakan pameran virtual di akun Instagram UKM Indonesia yang telah digelar sejak 3 Mei 2021. Pameran virtual ini menampilkan beberapa profil pedagang yang telah mengikuti pelatihan dan telah berhasil memanfaatkan WhatsApp Business. Pameran virtual dan dukungan dari para influencer ini diharapkan dapat membantu mendatangkan pelanggan baru bagi para pedagang Pasar JuWAra.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version