Wirausaha Wanita Meningkat

ilustrasi wirausaha wanita di Indonesia makin bertumbuh. (foto : istimewa)

youngster.id - Pelaku usaha wanita semakin meningkat. Hal itu dibuktikan jumlah pages UKM yang dimiliki oleh kaum wanita di Facebook Indonesia naik sekitar empat kali lipat, hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal itu diungkapkan Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives APAC, Facebook. Dia menyebutkan saat ini ada 50 juta pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang telah memiliki Pages di Facebook. Dan kaum wanita termasuk diantaranya.

“Di Indonesia, jumlah Pages UKM baru yang dimiliki oleh kaum wanita meningkat hampir tiga kali lipat di antara tahun 2014 dan 2015,” katanya di Jakarta belum lama ini.

Oleh karena itu, Deevy mengatakan, melalui #SheMeansBusiness Facebook  ingin memberikan sebuah pencerahan bagi kaum wanita yang ingin memulai atau menjalankan sebuah usaha kecil di Indonesia dan memberdayakan mereka untuk melakukan hal yang lebih besar lagi. “Sehingga keluarga mereka, komunitas mereka dan akhirnya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia,” ucapnya.

#SheMeansBusiness menyediakan akses ke sumber daya online; pelatihan secara personal dan sesi sosialisasi serta kampanye untuk merayakan, mengakui serta menginspirasi para pengusaha wanita. Pelatihan dan workshop akan diselenggarakan melalui kerjasama dengan IWAPI di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta.

Terlepas dari sisi itu, Nadia Tan, Head of SMB for Southeast Asia, Facebook, mengatakan, bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan denyut jantung perekonomian di Asia Tenggara. Mereka menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan setengah atau lebih dari total PDB (Produk Domestik Bruto) di seluruh kawasan.

“Di Indonesia, UKM mampu menciptakan lebih dari 95 persen total lapangan pekerjaan dan berkontribusi sebesar 58 persen dari PDB. Facebook menyediakan cara yang lebih luas bagi bisnis-bisnis ini untuk menjangkau konsumen di daerah lokal dan luar negeri. Dengan komunitas sebesar 1,59 miliar orang secara global, Facebook menawarkan jangkauan yang signifikan dan terukur untuk mempermudah para pebisnis pemula ini dalam membangun bisnis mereka secara online dan mengembangkan bisnis mereka,” ujarnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version