Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

7 Kiat Penting Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce

3 Juli 2022
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Lazada Manjakan Konsumen Jelang Harbolnas

Kegiatan di Lazada Cimanggis Warehouse. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Festival belanja menjadi salah satu strategi pemasaran yang rutin dijalankan e-Commerce dengan tujuan meningkatkan penjualan produk. Para penjual juga selalu menantikan pelaksanaan festival belanja di eCommerce, termasuk festival belanja tanggal kembar karena terbukti menjadi peluang bagi penjual untuk meningkatkan penjualan. 

Festival belanja 7.7 menjadi festival belanja terdekat di eCommerce seperti Lazada Indonesia. Para penjual di Lazada telah diberikan pembekalan agar bisa memanfaatkan momentum festival belanja 7.7 untuk meraup cuan.

“Jelang festival belanja, penjual biasanya memang melakukan persiapan yang lebih ekstra, termasuk dari sisi penyediaan stok produk dan jumlah karyawan, untuk mengantisipasi banjirnya pesanan. Meski demikian, sebenarnya persiapan penjual untuk menghadapi setiap festival belanja menjadi persiapan jangka panjang dan selalu ada yang bisa menjadi pembelajaran untuk keberhasilan festival belanja berikutnya,” tutur Haikal Bekti Anggoro, SVP – Seller Operations, Lazada Indonesia dalam keterangannya, Sabtu (2/7/2022).

Lazada menyediakan program pelatihan Lazada University untuk penjual di Lazada dengan ribuan materi yang mudah diakses oleh penjual melalui Seller Center. Selain itu, manfaatkan komunitas penjual Lazada di kota Anda untuk bisa mendapatkan berbagai insight berharga langsung dari para penjual yang sudah lebih dulu sukses. Jadi, tetaplah semangat belajar karena itu bisa menjadi jalan ninja Anda untuk meraih cuan dalam festival belanja tanggal kembar!

Baca juga :   Akselerasi Jumlah Pengembang Teknologi, Google Gelar DevFest Indonesia 2023 di 10 Kota

Menurut Haikal, semua fitur dan program untuk penjual di Lazada memang dirancang untuk membantu penjual yang ingin mengembangkan usahanya di ranah e-Commerce. Fitur-fitur ini bagaikan buku menu yang bisa dipilih pelaku bisnis sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

“Yang penting, mulai saja dulu mendaftar menjadi penjual di platform e-Commerce, terus belajar melalui program pengembangan penjual yang pasti tersedia di platform e-Commerce mana pun, jelajahi seluruh data dan insight yang ada, dan terus mencoba segala strategi untuk meningkatkan performa penjualan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tidak mudah memang, tapi kesuksesan juga bukan hal yang mustahil diraih bila mau berusaha. Selamat mengikuti festival belanja, para penjual lokal pahlawan ekonomi digital Indonesia,” tutup Haikal.

Berikut tips dari Haikal untuk persiapan toko agar bisa untung saat festival belanja nanti!

Tampilkan produk Anda secara menarik

Kiat paling dasar adalah pastikan produk Anda nampak menonjol dengan menampilkan produk secara jelas dan rinci, baik dalam bentuk foto maupun deskripsi produk. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya tampak menarik, namun juga bisa ‘menceritakan’ fungsi, keunggulan, serta kualitas produk.

Baca juga :   Dewan Penasehat E-Commerce Bakal Diisi Tokoh Internasional

Bangun value untuk produk dan toko Anda, dan jadikan sebagai daya jual 

Penting untuk membangun value dari produk yang Anda jual agar Anda bisa “bercerita” bahwa harga yang tertera memberikan banyak value bagi pembeli. Perwujudan dari value bisa berbentuk gambar produk yang lebih serius, deskripsi produk yang “bercerita” dan menjelaskan beragam fungsi dari produk. Tak hanya itu, Anda juga harus memberikan layanan optimal seperti menjawab chat dengan cepat maupun jaminan pengembalian yang mudah. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak sekadar menilai dari adu harga saja.

Pahami algoritma eCommerce tempat Anda berjualan untuk mendorong trafik ke toko

Saat ini eCommerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian calon pembeli. Untuk mendorong trafik ke toko, pastikan judul produk mewakili produk dengan baik dan mengandung kata kunci (keywords) yang sering dipakai calon pembeli saat mencari produk terkait. Lengkapi juga detail produk termasuk warna, ukuran, bahan, dan lainnya. Pastikan juga produk Anda terdaftar di kategori produk yang benar.

Manfaatkan media sosial untuk menarik trafik ke toko Anda 

Memanfaatkan media sosial toko atau brand Anda, atau bahkan media sosial pribadi Anda, bisa menjadi salah menarik pengunjung ke toko Anda. Sampaikan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial dan jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk.

Baca juga :   Michael Jose Mairing Juara Editorial Cartoon Contest FAO

Bangun penilaian dan ulasan baik untuk toko dan produk Anda 

Penilaian dan ulasan toko yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan calon pembeli terhadap toko Anda. Dorong pembeli agar memberikan ulasan dari setiap transaksi yang dilakukan. Memberikan voucher diskon untuk pembelian berikutnya bisa menjadi salah satu cara mendorong pembeli memberikan penilaian atas produk dan layanan toko Anda. Voucher juga bisa mendorong pembeli untuk melakukan pembelian selanjutnya.

Manfaatkan fitur dan program yang ditawarkan, termasuk livestreaming

Fitur livestreaming seperti LazLive juga bisa dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Jangan ragu untuk manfaatkan berbagai fitur dan program ini sesuai dengan kebutuhan toko Anda demi menjaring pelanggan lebih luas.

Miliki mental untuk terus belajar dan berusaha

Berjualan online bukan hal yang mudah, dan kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Pengalaman selalu menjadi guru terbaik, dimana penjual akan dapat menemukan pendekatan dan strategi terbaik untuk bisnisnya seiring dengan perjalanan usaha, termasuk dalam persiapan menghadapi festival belanja di e-Commerce.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceFestival belanjakiatkiat penjual
Previous Post

PUBG Mobile Gelar Kolaborasi dengan UMKM Kuliner Lokal Sei’Tan

Next Post

Vidio Pegang Hak Siar Liga Inggris di Platform Online Streaming

Related Posts

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Load More
Next Post
Manchester City

Vidio Pegang Hak Siar Liga Inggris di Platform Online Streaming

Influencer marketing

Influencer Membantu Brand Membangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

GrabAndong Hadir di Kawasan Malioboro

Grab Hadirkan Program Jelajah Kota di Lokasi Favorit Wisatawan Domestik

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version