youngster.id - Guna kembali menggairahkan sektor pariwsiata Grab menghadirkan Program Jelajah Kota di 7 kota di Indonesia. Langkha ini sekaligus untuk dorong peningkatan pendapatan lebih dari 100.000 mitra pengemudi dan mitra merchant di kota-kota favorit wisatawan domestik.
Program Jelajah Kota digelar di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Padang, Medan, dan Batam.
Director of West Indonesia, Grab Indonesia Richard Aditya mengatakan, Program Jelajah Kota dihadirkan bukan hanya untuk memungkinkan wisatawan untuk menghemat biaya perjalanan dengan memanfaatkan potongan harga, namun juga untuk membantu para mitra pengemudi dan mitra merchant Grab untuk meningkatkan pendapatannya, terutama di musim liburan atau peak season.
“Kami percaya bahwa dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk kembali menggairahkan sektor ini guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi di tanah air,” kata Richard dalam keterangan pers, Senin (4/7/2022).
Sejak pertama diluncurkan, program ini telah menggaet lebih dari 20.000 mitra merchant dan lebih dari 80.000 mitra pengemudi untuk memenuhi tingginya permintaan pemesanan layanan di periode-periode krusial seperti momen liburan. Program yang digelar hingga 17 Juli 2022 ini menawarkan potongan harga hingga 50% untuk layanan GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, dan GrabJastip untuk seluruh kota, serta GrabMart di beberapa kota.
Salah satu cerita sukses datang dari mitra resto GrabFood, Deni Kuswara, Pemilik Kupat Tahu Gempol, yang mengatakan, “Selama liburan ini, penjualan saya mengalami peningkatan yang signifikan hingga 50%, yang mana sebagian besar berasal dari pemesanan melalui aplikasi Grab.”
Melalui program ini, Grab juga menyelenggarakan kegiatan edukasi bagi anak-anak mitra pengemudi di Bandung dan Yogyakarta dengan mengajak anak-anak para mitra pengemudi untuk mengeksplorasi berbagai tempat wisata bersejarah di masing-masing kota untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air sejak dini.
Selain menghadirkan Program Jelajah Kota, Grab juga menyediakan kode promo “GCHemat” untuk pemesanan layanan GrabCar yang dapat digunakan hingga 10 Juli 2022 di Pekanbaru, Batam, dan Lampung untuk mendukung mobilitas masyarakat selama periode liburan.
Merujuk pada data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan domestik mengalami peningkatan hingga 12% pada tahun 2021. Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pun meningkat pesat hingga lebih dari 200% pada awal tahun ini. Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), para wisatawan mancanegara ini cenderung memanfaatkan inovasi teknologi untuk mendukung aktivitas pariwisata mereka, termasuk layanan transportasi dan juga pengantaran makanan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post