Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Amartha Ajak Milenial Berinvestasi dan Berdampak Sosial Lewat Impact Investing

23 Juni 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
AVP of Marketing and PR Amartha Rezki Warni

AVP of Marketing and PR Amartha Rezki Warni. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Berdasarkan data Kementerian Keuangan, 40% dari total investor retail saat ini merupakan generasi milenial. Kaum milenial dan generasi Z diuntungkan dengan perkembangan teknologi, sehingga dapat membeli berbagai produk investasi melalui beragam marketplace. Hal ini mendorong Amartha untuk menyediakan fitur impact investing.

AVP of Marketing and PR Amartha Rezki Warni menjelaskan, tren berinvestasi dengan prinsip impact investing belakangan ini juga mulai banyak dipertimbangkan oleh berbagai investor berskala global. Untuk itu Amartha menghadirkan impact investing atau pendanaan berdampak adalah strategi investasi yang menghasilkan keuntungan sekaligus menciptakan dampak positif untuk sosial dan lingkungan.

“Fitur ini tidak saja memudahkan investor milenial untuk berinvestasi, tetapi juga dapat mengetahui dampak dari pendanaan yang diberikan. Amartha sebagai perusahaan yang menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan, sangat mengutamakan penciptaan dampak dari layanan yang kami berikan. Amartha juga melihat potensi pasar yang sangat besar dengan membawa nilai impact investing ini. Bagi investor, pendanaan berdampak dinilai lebih sustainable dan tetap menghasilkan return yang tidak kalah baik dengan investasi tradisional,” kata Rezki dalam jumpa pers, Rabu (22/6/2022) di Jakarta.

Dia memaparkan, berdasarkan studi Angel Investor Network Indonesia (ANGIN) pada 2020 lalu, salah satu sektor yang menjanjikan impact investing adalah pada perempuan pelaku usaha mikro yang dinilai dapat memberikan kontribusi US$135 miliar atau sekitar Rp 1,8 kuadriliun pada PDB tahunan.

Baca juga :   Didorong Populasi Gen Z, Transaksi Keuangan Online Diprediksi Capai US$1 Triliun di 2025

Rezki juga mengungkapkan, laporan Amartha yang bertajuk Social Accountability Report (SAR) 2019 mendapati bahwa jumlah pendana Amartha didominasi oleh generasi milenial yakni sebesar 68%, kemudian disusul 19% oleh generasi X, dan 10% oleh generasi Z.

“Ketertarikan generasi milenial untuk mendanai di Amartha merupakan wujud kepedulian generasi milenial terhadap investasi yang berdampak.  Pendana milenial sangat berpeluang besar untuk menyuburkan tren impact investing di Indonesia. Dengan karakter yang melek digital serta kemampuan dan literasi keuangan yang baik, Amartha melihat dominasi generasi millenial dalam impact investing masih akan terus berkembang,” kata Rezki lagi.

Untuk mendorong kontribusi generasi milenial ini maka aplikasi Amartha sudah dilengkapi dengan fitur impact investing. Melalui fitur ini pendana dapat mengetahui dampak apa saja yang sudah mereka ciptakan, serta memilih pendanaan berdasarkan kategori dampak.

Baca juga :   Mitra Amartha UMKM Perempuan Meningkat 200%

“Memilih platform lending untuk melakukan impact investing sebenarnya mudah. Pendana bisa melihat siapa investor berskala global dan nasional yang mendukung perusahaan tersebut. Kalau investor profesional saja sudah bergabung, berarti tidak ada salahnya pendana ritel juga ikut bergabung. Seperti Amartha, yang sudah terbukti didukung oleh berbagai investor karena prinsip keberlanjutan yang dijalankan. Bisa jadi pilihan milenial untuk memulai impact investing,” tegas Rezki.

Secara kumulatif, hingga awal 2022, Amartha telah menyalurkan pendanaan mencapai Rp 5,6 triliun. Amartha juga berhasil menjaga kualitas pinjaman sepanjang periode tersebut. Perusahaan mencatatkan NPL (non performing loan) stabil di kisaran 0,30%.

Di tahun 2022 ini, Amartha akan semakin gencar dalam melakukan inovasi digital seperti penerapan pembayaran cashless, penerapan proses administrasi digital, serta mengoptimalkan layanan berbasis aplikasi seperti Amartha+ untuk para mitra Amartha. Selain itu, Amartha menargetkan untuk dapat melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah lainnya di tahun ini. Untuk wilayah Sumatra, Amartha berencana untuk memperluas jangkauan hingga ke wilayah pulau Bangka Belitung, dan menjangkau wilayah Sulawesi Utara untuk wilayah timur Indonesia.

Baca juga :   Amartha Fasilitasi Pembiayaan Berkelanjutan di Sektor Bioekonomi

 

STEVY WIDIA

Tags: Amarthaimpact investinginvestor milenialperempuan pelaku usaha mikro
Previous Post

Atasi Tantangan Sosial Ekonomi, Para Venture Philanthropy Dunia Berkumpul di Bali

Next Post

Kiat Sukses Bagi UMKM Lokal Menarik Minat Konsumen

Related Posts

Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital
Headline

Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital

27 Agustus 2025
0
Amartha
Headline

Amartha Perluas Akses Keuangan Bagi UMKM Perempuan di Perdesaan

18 Juni 2025
0
Amartha
Headline

Amartha Peroleh Dana Pinjaman Sebesar US$55 Juta dari Swedfund, Finnfund, dan BIO

14 Mei 2025
0
Load More
Next Post
Co-Founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho

Kiat Sukses Bagi UMKM Lokal Menarik Minat Konsumen

Gojek x KCI

Kini Bisa Beli Tiket KRL Commuter Line Lewat Aplikasi Gojek

Grab Kota Masa Depan

Grab, Bukalapak, Emtek Perluas ‘Kota Masa Depan’ di Lima Kota

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version