Jumat, 12 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Antam Rencana Jual Emas Lewat e-Commerce

30 Juni 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Antam Rencana Jual Emas Lewat e-Commerce

PT Antam menghadirkan emas batangan motif batik. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tambang PT Antam (Persero) Tbk, berencana untuk memperluas kanal penjualan melalui e-commerce. Hal ini melihat prospek bisnis logam mulia yang menjanjikan.

Presiden Direktur Antam Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan perseroan pada tahun ini berharap bisnis emas masih berkilau. Pihaknya mengestimasi hingga kuartal I 2017, penjualan emas Antam mencapai Rp 1,16 triliun, atau 70% dari total penjualan Antam sebesar Rp 1,65 triliun.

“Kami akan membicarakan itu dengan Pulogadung (pabrik emas Antam) bagaimana penjualan melalui e-commerce. Terutama untuk trading,” kata Arie belum lama ini di Jakarta.

Menurut Arie, sesungguhnya sudah ada penjualan emas Antam di e-commerce yakni di situs Bukalapak.com. Emas yang dijual di situ memang di cap keluaran Antam dan memiliki sertifikat Antam.

Baca juga :   Bukalapak Gelar Roadshow Untuk UKM Di 6 Kota

“Tapi kerja samanya bukan dengan Antam. Kami sudah komplain ke pihak-pihak terkait, terkait hal ini,” ujarnya.

Arie menyebutkan, saat ini produksi emas Antam hanya sekitar 2 ton-2,5 ton per tahun. Namun pada tahun ini Antam menargetkan penjualan emas hingga 10 ton, yakni melalui jasa trading (atau pemurnian, pengecapan dan sertifikasi emas oleh Antam).

“Emas yang bukan produksi Antam tapi di cap di Antam banyak, mencapai 30 ton. Itu sebabnya banyak yang jualan emas Antam di aneka situs, tapi itu bukan kerja sama resmi dengan Antam,” paparnya.

Sebelumnya, Antam melalui produk emas Logam Mulia juga melakukan inovasi penjualan lain. Misalnya, penjualan produk perhiasan yang dipadukan dengan emas batangan motif batik.

Saat ini baru ada 4 motif batik yang di cap ke emas batangan Antam. Namun akan dikembangkan menjadi 8 motif.

Baca juga :   Kini Tersedia Solusi Teknologi Gratis Bagi Startup

Pengembangan lain, yakni penjualan emas Antam melalui PT Pos Indonesia (Persero), pada tahun lalu.

Harga Turun

Menurut Arie pada tahun ini memang harga emas sedikit turun. Per Mei 2017, harga emas mencapai 1.245 dollar AS per troy ounce (oz). Sementara per Juni 2016, harga emas hampir mencapai 1.400 dollar As per oz.

“Harga emas volatilitasnya tidak besar, naik turun hanya sekitar 10%. Lebih stabil ketimbang nikel dan bauksit,” lanjutnya.

Tatang Hendra, Direktur Pemasaran Antam, menambahkan bahwa saat ini di dalam negeri permintaan akan emas sedang turun. Tetapi pada tahun ini Antam menargetkan kenaikan penjualan emas dari ekspor.

Menurut dia, pada 2015, penjualan emas Antam mencapai 15 ton. Tapi tahun 2016 lalu turun jadi 10 ton akibat terhentinya penjualan ekspor ke India yang mematok bea masuk tinggi. “Tahun ini kami akan gencarkan ekspor ke negara lain yakni ke Singapura dan Thailand,” ujar Tatang.

Baca juga :   Dukung Mahasiswa Kembangkan Bisnis UMKM Dengan Kreativitas dan Inovasi Baru

Sebagai informasi, hingga kuartal I 2017, laba bersih Antam naik 25 % menjadi Rp 6,64 miliar dibandingkan laba bersih kuartal I 2016.

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceemas batangharga emasPT Antam (Persero) Tbk
Previous Post

Pemerintah Pantau Penyebaran Virus Petya

Next Post

Waspada Barang KW Saat Belanja di Masa Lebaran

Related Posts

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026
Headline

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026

28 November 2025
0
Load More
Next Post
Mal Buka Diri Bagi Produk UMKM

Waspada Barang KW Saat Belanja di Masa Lebaran

Momi, Kue Rendah Protein untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Momi, Kue Rendah Protein untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Tri Manjakan Generasi Milenial Dengan BonsTri

Lalu Lintas Data Tri Melonjak 200% di Libur Lebaran

Discussion about this post

Recent Updates

Nanovest

Rekor ATH Sepanjang 2025, Transaksi Pengguna Nanovest Tumbuh 95%

12 Desember 2025
DoubleVerify - spcial commerce

DoubleVerify: 52% Konsumen Indonesia Belanja via Social Commerce

12 Desember 2025
Pasar TV Berbayar Masih Bertumbuh, IndiHome Gandeng BBC Studios Untuk Pikat Pelanggan

Pasar TV Berbayar Masih Bertumbuh, IndiHome Gandeng BBC Studios Untuk Pikat Pelanggan

11 Desember 2025
Mitra Gojek

GoTo Tanggung Iuran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan untuk Mitra Gojek Berkinerja Terbaik

11 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Nanovest

Rekor ATH Sepanjang 2025, Transaksi Pengguna Nanovest Tumbuh 95%

12 Desember 2025
DoubleVerify - spcial commerce

DoubleVerify: 52% Konsumen Indonesia Belanja via Social Commerce

12 Desember 2025
Pasar TV Berbayar Masih Bertumbuh, IndiHome Gandeng BBC Studios Untuk Pikat Pelanggan

Pasar TV Berbayar Masih Bertumbuh, IndiHome Gandeng BBC Studios Untuk Pikat Pelanggan

11 Desember 2025
Mitra Gojek

GoTo Tanggung Iuran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan untuk Mitra Gojek Berkinerja Terbaik

11 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version