Senin, 29 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Brand UMKM Harus Kuasai Pasar Domestik

5 November 2019
in Headline, News
Reading Time: 1 min read
Tokopedia Fokus Go Lokal

William Tanuwijaya Co-Founder dan CEO Tokopedia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diyakini menjadi pendukung ekonomi bangsa. Untuk itu UMKM harus harus memiliki brand yang kuat agar bisa menguasai pasar domestik, bahkan global. Demikian hasil pertemuan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya.

“Kami berdiskusi agar bagaimana UMKM tidak berhenti sebagai UMKM, bagaimana UMKM naik kelas dan menjadi brand masa depan Indonesia. Hampir semua perusahaan besar Indonesia yang melengenda sampai ke luar negeri awalnya juga UMKM,” kata William dalam keterangannya Senin (4/11/2019) di Jakarta.

Dalam pertemuan itu dibahas masalah-masalah yang menghambat perkembangan UMKM. Salah satu bentuk kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah untuk mempercepat UMKM naik kelas adalah perizinan. Menurut William, UMKM adalah pelaku bisnis pejuang dan tidak perlu dikasihani. Yang dibutuhkan adalah model-model program yang mendukung kemandirian mereka.

Baca juga :   Voucher Game dengan Pulsa Tersedia di Tokopedia

“Banyak UMKM yang sudah produksi sendiri. Namun, untuk naik kelas menghadapi banyak masalah, misalnya perizinan yang lama. Masalah ini membuat UMKM lama merambah pasar ke skala nasional, bahkan ekspor,” katanya.

CEO Tokopedia itu yakin, untuk memperkuat daya saing UMKM harus dimulai dengan menguasai pasar dalam negeri. Caranya dengan memperkuat brand dan UMKM menjadi industri. Potensi ekspor akan tercapai bila memiliki daya saing secara kualitas dan memiliki pasar yang jelas di luar negeri.

Menurutnya, jika ingin masuk ke pasar ekspor, brand UMKM harus menjadi brand global. Untuk itu, perlu ada pelatihan yang tidak hanya berhenti bagaimana memproduksi barang berkualitas, tetapi juga pada pelatihan manajemen dan memproduksi barang dalam produksi besar. Banyak produk UMKM yang sebenarnya sudah berkualitas seperti fashion dan kosmetik yang dapat menjadi brand masa depan dan berkembang menjadi industri.

Saat ini, Tokopedia memiliki 6,6 juta mitra penjual dengan 86,5% adalah pengusaha baru. Tokopedia menargetkan transaksi tahun 2019 hingga Rp222 triliun yang akan berkontribusi sebesar 1,5% terhadap ekonomi Indonesia. Tahun depan targetnya 2% kontribusinya dari UMKM yang tergabung di Tokopedia.

Baca juga :   Tumbuh Jadi Insurtech Terbesar di Asia Tenggara, Qoala Apresiasi Para Pemasarnya

STEVY WIDIA

Tags: Menteri Koperasi dan UKM Teten MasdukiTokopediaUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)William Tanuwijaya
Previous Post

IndiHome Gencar Layani Masyarakat di Pelosok Timur Indonesia

Next Post

AXIS Perkaya Aplikasi AXISnet Dengan Fitur Baru

Related Posts

Perkuat Ketahanan Bisnis, Pelaku UMKM Perlu Adopsi Teknologi Digital
Headline

Perkuat Ketahanan Bisnis, Pelaku UMKM Perlu Adopsi Teknologi Digital

5 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Kampus Shopee Jangkau 28.000 UMKM di 514 Kabupaten
Headline

Kampus Shopee Jangkau 28.000 UMKM di 514 Kabupaten

19 November 2025
0
Load More
Next Post
AXIS Perkaya Aplikasi AXISnet Dengan Fitur Baru

AXIS Perkaya Aplikasi AXISnet Dengan Fitur Baru

8 Grup Band Berlaga Di Ajang Levi’s Band Hunt 2019

8 Grup Band Berlaga Di Ajang Levi’s Band Hunt 2019

MRT Jakarta Akan Hadirkan Pembayaran Berbasis QR Code

MRT Jakarta Akan Hadirkan Pembayaran Berbasis QR Code

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version