Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

ITF 2017, Sinergi Industri Telko Untuk Daya Saing Ekonomi Indonesia

20 Januari 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
ITF 2017, Sinergi Industri Telko Untuk Daya Saing Ekonomi Indonesia

(ki-ka) Marketing Director Advan Tjandra Lianto, Wakil CEO Hutchison 3 Indonesia Dany Buldansyah, Anggota Wantiknas Garuda Sugardo, Ketua KPPU M Syarkawi Rauf, Direktur Mastel Institute Nonot Harsono, pada seminar Indonesia Technology Forum 2017. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pemerintah menargetkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Untuk itu dibutuhkan intervensi kegiatan ekonomi baru dikalangan generasi muda, dan memberi kepastian serta kemudahan dalam pemanfaatan e-dagang.

Hal itu disampaikan Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada pembukaan Indonesia Technology Forum (ITF) 2017, Kamis (19/1/2017) di Balai Kartini Jakarta.

“Kalau kita lihat selama ini, kontribusi dari sektor komunikasi dan informasi menyumbang sekitar 4 % dari GDP. Tahun depan mudah-mudahan bisa terus meningkat,” kata Rudiantara saat ditemui diacara seminar awal tahun ,” kata Rudiantara. ITF menggelar seminar bertema Indonesia Digital Economy Forecast 2017 : Sinergi Pelaku Industri Telko Untuk Peningkatan Efisiensi dan Daya Saing Ekonomi Indonesia.

Baca juga :   Edutech CARDS Peroleh Pendanaan Awal dari Katha VC

Pada kesempatan itu Menkominfo mengatakan, pada 2020 sekitar 10 -12 % ekonomi digital akan disumbang oleh sektor digital baik device, network, aplikasi hingga penyiaran digital ditahun 2020 mendatang.

“Supaya semua target itu tercapai, tentunya diperlukan upaya-upaya yang tidak biasa agar industri telekomunikasi tumbuh sehat. Harga dapat turun, pengguna makin banyak karena tarif makin terjangkau (affordable),” terang menteri yang disapa Chief RA itu.

Menurut Rudiantara untuk menghadapi tantangan itu, tentunya dibutuhkan penyelesaian dan sinergi berbagai pihak. Seperti meratanya akses internet kecepatan tinggi dan literasi teknologi informasi. Dan komunikasi agar cerdas memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan. Untuk itu, dia berpesan agar negara bisa memiliki daya saing maka ekonomi harus efisien dan digitalisasi adalah kuncinya.

Baca juga :   Kementerian BUMN Bangun Ekosistem Startup Mulai Dari Ide Hingga IPO

Smart City

Sementara itu Garuda Sugardo Anggota Wantiknas (Dewan TIK Nasional), mengatakan salah satu program pemerintah yang menjadi perhatian pihaknya adalah penerapan smart city.

“Untuk masalah ini tentu memerlukan standar dalam penerapan kota cerdas, disetiap daerah pastinya. Jadi, dalam pengembangan ekonomi digital itu alangkah eloknya bila ada keberpihakan industri bagi pengembangan infrastruktur dalam negeri nantinya, ” kata Garuda.

Hal Senada juga disampaikan M.Rudi Salahuddin, Deputi IV Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Ekonomi mengatakan, untuk mencapai visi Indonesia meraih kekuatan ekonomi terbesar digital di Asia Tenggara 2020 fokusnya adalah pada penguatan pelaku usaha lokal.

“Sejumlah program prioritas telah kami siapkan seperti pertumbuhan e-commerce, industri kreatif, keuangan inklusif, UMKM Go Digital dan penguatan perusahaan rintisan (startup),” ujar Rudi.

Baca juga :   Kisah Startup Tidak Selalu Segemilang yang Terdengar

Menurut Lee Kang Hyun Vice President Samsung Indonesia, sinergi dari pemerintah selaku regulator, operator, dan penyedia ponsel selalu seiring berjalan mencapai tujuan yang diinginkan.

“TKDN pada 4G mendorong penetrasi 4G hingga mencapai 72 % di akhir tahun 2016. Jadi, artinya kini semakin banyak ponsel 4G yang berada di konsumen,” ungkapnya.

“Sehingga ekosistem digital harus diciptakan dengan citarasa lokal dan membumi, ” sahut Marketing Director Advan, Tjandra Lianto menyambung ucapan rekannya.

FAHRUL ANWAR

Tags: ekonomi Indonesiaekonomi kreatifIndonesia Technology Forum (ITF) 2017industri kreatifIndustri TelkoSmart Citystartup
Previous Post

Aplikasi Live Streaming Mobile HiClub Hadir di Indonesia

Next Post

Tokopedia Ajari Warga Lapas Salemba Bisnis Online

Related Posts

Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup
Headline

Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

29 September 2025
0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi
Headline

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
0
Greenhouse Accelerator 2025 Dorong Pertumbuhan Startup Inovatif di Asia Pasific
Headline

Greenhouse Accelerator 2025 Dorong Pertumbuhan Startup Inovatif di Asia Pasific

13 September 2025
0
Load More
Next Post
Tokopedia Ajari Warga Lapas Salemba Bisnis Online

Tokopedia Ajari Warga Lapas Salemba Bisnis Online

Bank Mandiri Sediakan Fasilitas Transaksi Nontunai di IFW 2017

Bank Mandiri Sediakan Fasilitas Transaksi Nontunai di IFW 2017

Bunga Mega : Memberdayakan Perempuan Agar Jadi “Cewek Kuat”

Bunga Mega : Memberdayakan Perempuan Agar Jadi “Cewek Kuat”

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version