youngster.id - Platform eCommerce Lazada mengumumkan investasi tahunan senilai US$100 juta dalam Program Afiliasi Lazada, LazAffiliate. Investasi ini ditujukan untuk mendukung struktur komisi yang lebih baik, insentif berbasis performa, dan berbagai fitur pemberdayaan yang memungkinkan para mitra affiliate memasuki era perdagangan baru yang dipimpin para kreator di seluruh Asia Tenggara.
LazAffiliate adalah program afiliasi unggulan Lazada yang menghubungkan jaringan kreator yang terus berkembang—mulai dari influencer, content creator hingga pembeli sehari-hari yang antusias—dengan brand dan penjual. Dengan memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, para mitra affiliate bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil, tanpa batasan jumlah. Program LazAffiliate membuka peluang ke dunia perdagangan berbasis kreator, tanpa persyaratan jumlah followers—cukup bagikan, rekomendasikan, dan hasilkan.
Jared Chan, Head of Regional Affiliate, Lazada Group mengatakan, melalui investasi ini Lazada berkomitmen memberdayakan influencer dan content creator di seluruh Asia Tenggara agar bisa membuka peluang penghasilan baru dan memperbesar pengaruh mereka.
“Melalui investasi ini, kami ingin membangun ekosistem afiliasi yang dinamis, yang tidak hanya mendukung pertumbuhan semangat kewirausahaan, tetapi juga menciptakan koneksi yang lebih otentik antara brand dan konsumen,” kata Jared, dikutip Selasa (27/5/2025).
Program LazAffiliate yang diperbaharui ini memperkenalkan struktur insentif terdepan di industri dan serangkaian fitur canggih yang dirancang untuk memberdayakan para mitra affiliate—mulai dari influencer, content creator, hingga pembeli sehari-hari—untuk memaksimalkan monetisasi di platform dan memperbesar pengaruh yang mereka berikan.
Untuk meningkatkan penghasilan para mitra affiliate, Lazada menjalin kemitraan dengan berbagai brand dan penjual online ternama untuk menghadirkan strategi pemasaran berbasis performa yang efektif dan efisien. Dalam kerja sama ini, Lazada turut berinvestasi dalam: Voucher toko yang didanai Lazada: Sebagai tambahan dari insentif selain komisi afiliasi, untuk mendorong pembelian konsumen; Ekosistem kreator multi-level: Jaringan yang terdiri dari influencer, content creator, dan key opinion consumers (KOC) untuk meningkatkan visibilitas dan penemuan produk.
Hasilnya adalah sistem kerja berbasis performa, dimana brand dan penjual fokus pada investasi yang membawa konversi nyata – membuat kolaborasi dengan para content creator menjadi saluran pendapatan yang terukur, berkelanjutan dan bisa dikembangkan.
Di promo belanja 6.6 yang akan datang, mitra affiliate bisa mendapatkan komisi hingga 36% jika mempromosikan brand partner melalui voucher toko. Terdapat lebih dari 70 brand fesyen dan kecantikan yang telah bekerja sama dengan Lazada untuk turut mendanai komisi dan insentif afiliasi.
STEVY WIDIA