youngster.id - Sebagai upaya mendorong program pasar rakyat digital yang dikembangkannya tetap beroperasi, Kementerian Perdagangan RI (Kemendag) menjalin kerja sama dengan Grab. Kemendag menargetkan 1.000–2.000 pasar rakyat dan 1 juta pedagang pasar rakyat terdigitalisasi pada 2022.
“Kemitraan ini sejalan dengan salah satu fokus Kementerian Perdagangan untuk terus mendorong pasar rakyat agar tetap beroperasi, khususnya di masa pandemi Covid-19,” kata Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan dalam acara Penandatangan Nota Kesepahaman dengan Grab Indonesia, Kamis (7/4/2022).
Di bawah naungan kerja sama strategis ini Kemendag dan Grab akan berkolaborasi untuk mendukung percepatan pelaksanaan pembinaan dan fasilitasi digitalisasi bagi pelaku UMKM di sektor perdagangan dan berfokus pada pasar rakyat. Pembinaan ini akan meliputi upaya offline dan online untuk mendorong promosi dan distribusi barang dari para pelaku UMKM pasar rakyat kepada masyarakat melalui ruang promosi yang disediakan pada aplikasi Grab. Proses digitalisasi akan meliputi proses onboarding Pelaku UMKM pasar rakyat di layanan GrabMart.
“Grab terus merealisasikan komitmennya dalam mendorong digitalisasi UMKM pasar rakyat,” kata Ridzki Kramadibrata, President Grab Indonesia.
Baru-baru ini, Grab dan BNI berkolaborasi untuk memberikan fasilitas akses digital berupa pembayaran cashless, dukungan fitur Pesan Sekaligus di GrabMart, Onboarding Debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI ke dalam GrabMart, serta pinjaman dari BNI ke mitra GrabMart, dengan implementasi yang salah satunya telah dijalankan di pasar Tomang Barat, Jakarta Barat.
HENNI SOELAEMAN
Discussion about this post