youngster.id - TikTok merangkum tren seputar kreativitas dan referensi video singkat di Indonesia yang ada platformnya di sepanjang 2021. Daftar Year on TikTok 2021 menghadirkan para kreator, efek, kategori video, hashtag challenge, selebriti, hingga musik terfavorit dari para penggunanya.
“Year on TikTok 2021 menunjukkan bahwa TikTok menjadi tempat tren dimulai dan kreativitas diekspresikan tanpa batasan,” kata Angga Anugrah Putra Head of Operations TikTok Indonesia dalam konferensi pers virtual, Selasa (7/12/2021).
Dalam presentasinya, Angga memaparkan beberapa tren video pendek populer di TikTok Indonesia selama 2021. Pertama adalah video meme serial Squid Games dari akun @punyaibenk yang menjadi FYP favorit.
Di kategori kuliner, resep acar bawang dan terong crispy menjadi yang terpopuler untuk dunia kuliner rumahan. Kemudian ada kreator Sisca Kohl dengan tagline “Mari kita coba~” yang menghadirkan konten eksperimen makanan.
Di kategori musik, lagu To the Bone dari Pamungkas yang mengisi momen galau, menjadi gambaran keberagaman tren yang menghibur di TikTok tahun ini.
“Tren video TikTok yang tergambar di Year on TikTok 2021 ini menunjukkan bahwa konsistensi dan semangat kreator dalam menciptakan konten, berhasil memberikan ragam hiburan dan inspirasi pada komunitas TikTok secara keseluruhan,” papar Angga.
Selama 2021, TikTok telah menghadirkan berbagai fitur dan inisiatif untuk mendukung para kreator semakin produktif. Salah satunya adalah TikTok LIVE, yang telah menjadi kanal bagi kreator, brand, UKM, pecinta game, hingga pemain di industri fesyen, untuk saling berinteraksi dan terhubung lewat fitur live stream.
Selain itu, TikTok juga memperpanjang waktu durasi video sehingga pengguna bisa semakin leluasa mengeksplorasi kreativitas mereka melalui konten video.
Menurut Angga, hadirnya tambahan fitur dan layanan ini merupakan komitmen TikTok untuk siapa saja tetap produktif dalam berkarya, menjalani bisnis, hingga mempelajari hal yang baru di platform.
“Kami senang sekali melihat bagaimana komunitas TikTok menghadapi tahun penuh perubahan ini, dan kami tidak sabar untuk melihat lebih banyak momen yang luar biasa dalam perjalanan bersama kreator ke depannya,” jelas Angga.
Data TikTok, per September 2021 terdapat lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Pengguna TikTok di Asia Tenggara sendiri mencapai lebih dari 240 juta pengguna per bulan.
“Kalau pertumbuhan dari 2020, kami tumbuh 85 % dan setiap bulannya ada 800 juta video yang terunggah. Kalau dirata-rata, itu bisa lebih dari 1 triliun,” ujar Angga.
Untuk merayakan “Year on TikTok 2021”, TikTok juga meluncurkan Ask on TikTok di akhir tahun ini yang dapat digunakan pengguna untuk mengekspresikan momen paling berkesan di sepanjang 2021. Pengguna bisa menggunakan video yang sudah ada atau merekam video baru untuk menjawab pertanyaan tersebut.
STEVY WIDIA
Discussion about this post