youngster.id - Kopi Kenangan akhirnya benar-benar go internasional dengan membuka gerai internasional pertamanya di Malaysia. Startup F&B dibawah payung PT Bumi Berkah Boga ini melakukan strategi ekspansi bisnis setelah meraih pendanaan seri C senilai US$ 96 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun.
CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan, pihaknya memilih Malaysia sebagai negara tujuan ekspansi global pertama karena ada banyak kesamaan yang dimiliki orang Malaysia dengan orang Indonesia.
“Kecintaan orang Malaysia terhadap makanan, perkembangan budaya kopi yang stabil, terutama untuk model bisnis grab-and-go, dan dalam hal cita rasa serta keinginan untuk mencoba hal-hal baru itu sama dengan orang Indonesia,” kata Edward dalam keterangan pers, Selasa (18/10/2022).
Edward juga mengatakan, proyeksi sektor F&B di Malaysia juga menjanjikan. Karena saat ini Malaysia sedang bertransformasi dalam menerapkan ekonomi digital berpenghasilan tinggi dengan fokus utama pada digitalisasi yang juga sejalan dengan konsep bisnis kami.
“Kami ingin menerapkan kesuksesan model bisnis kopi grab-and-go yang diterapkan Kopi Kenangan di Indonesia ke pasar luar negeri, yang dimulai dengan Malaysia. Tujuan kami membangun Kopi Kenangan adalah untuk mengenalkan kopi Indonesia yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang. Kami sangat senang bisa berbagi cita rasa kopi Indonesia dengan orang Malaysia,” ucapnya.
Sementara Chief Business Development dan Co-Founder Kopi Kenangan James Prananto menambahkan, Kopi Kenangan akan beroperasi di bawah nama Kenangan Coffee, sebagai nama merek internasional yang digunakan di luar Indonesia.
“Alasan kami menggunakan nama Kenangan Coffee karena kami ingin memfokuskan pada kata kunci ‘kenangan’, dengan harapan kami dapat memperlakukan setiap konsumen yang datang ke gerai sebagai teman dan setiap cangkir kopi yang kami buat dengan cinta dapat meninggalkan kenangan yang baik untuk para konsumen. Cita-cita kami adalah menjadi merek kopi yang paling dicintai konsumen di Asia Tenggara, dan Malaysia akan menjadi langkah awal kami dalam mencapai misi Kopi Kenangan tersebut,” ungkapnya.
James mengatakan, selain gerai pertama di Suria KLCC, Kenangan Coffee juga akan membuka empat gerai lainnya di MyTown Cheras, Pavilion KL, NU Sentral KL, dan Sunway Pyramid PJ pada akhir tahun 2022. Kenangan Coffee juga meluncurkan Kenangan Academy di Uptown, PJ, untuk menyediakan berbagai program pelatihan yang diperuntukkan bagi para barista dan karyawan, dengan tujuan menjadi pusat pelatihan profesional di bidang F&B terbaik di Malaysia.
Sejalan dengan komitmen dalam menyajikan kualitas terbaik untuk konsumen, Kopi Kenangan juga menggandeng Mikael Jasin, World’s 7th Best Barista (2021), sebagai Head of Coffee yang akan menerapkan pengalaman dan pengetahuannya untuk memilah biji kopi berkualitas hingga akhirnya dapat dinikmati oleh konsumen.
Saat ini Kopi Kenangan memiliki lebih dari 850 gerai di 64 kota di Indonesia.
STEVY WIDIA