youngster.id - Kopi Kenangan mulai menyasar pasar kelompok usia gen Z dan milenial. Untuk itu, startup unicorn ini merilis produk baru kopi siap saji bernama Kopi Kenangan Hanya Untukmu.
Produk itu diluncurkan setelah startup kuliner tersebut memperoleh pendanaan seri C tahap pertama US$ 96 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun. “Melalui pendanaan itu, kami harus berinovasi memuaskan konsumen. Salah satu inovasi baru kami yaitu produk kopi siap saji,” kata James Prananto Co-Founder sekaligus Chief of Business Development Officer Kopi Kenangan dalam acara peluncuran Kopi Kenangan Hanya Untukmu Senin (17/1/2022) di Jakarta.
Kopi siap saji terdiri dari tiga varian, yakni kopi gula aren (black aren), capuccino atau mantancino, dan alpukat alias avocuddle. Ketiganya sudah dijual di jaringan ritel modern seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret. Harga produk yakni Rp 9.500.
James mengatakan, Kopi Kenangan memposisikan diri di pasar produk kopi siap saji sebagai produk premium. “Produk kami 100% susu murni, gula aren, dan biji kopi asli Indonesia,” ujarnya.
Startup F&B ini juga memilih pasar kopi siap saji karena potensinya dianggap besar. Menurut data NielsenIQ, pertumbuhan volume rata-rata kategori ini sebelum pandemi corona 20%. Meskipun sempat turun pada 2020 imbas Covid-19, pertumbuhannya kembali menguat menjadi 20% tahun lalu. Selain itu minum kopi siap saji sudah menjadi gaya hidup konsumen generasi milenial dan gen Z .
James mengatakan, meskipun gencar berinovasi dengan meluncurkan produk siap saji, namun Kopi Kenangan tetap tidak melupakan produk lainnya, seperti fresh brew. “Produk siap saji ini mendukung Kopi Kenangan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi,” katanya.
Sebelumnya pada November 2021, Kopi Kenangan membentuk perusahaan induk atau holding bernama Kenangan Brands. Holding itu menaungi sejumlah merek tidak hanya kopi, tapi Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis. Saat ini, Kopi Kenangan memiliki lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia. Startup kuliner ini mencatatkan kenaikan penjualan lebih dari dua kali lipat tahun lalu. Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan menyajikan 40 juta cangkir kopi. Tahun ini, perusahaan menargetkan penyediaan 5,5 juta cangkir per bulannya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post