Senin, 27 Juni 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Lampaui Target Transaksi, TEI-DE 2021 Bukukan US$ 6,06 Miliar

22 Desember 2021
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Muhammad Lutfi - Menteri Perdagangan

Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan (Foto: Humas Mendag)

youngster.id - Sejak dibuka pada 21 Oktober 2021 lalu, Trade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition (TEI-DE) 2021 berhasil membukukan transaksi sebesar US$ 6,06 miliar. Tiongkok dan Mesir mendominasi transaksi.

“Capaian ini sangat menggembirakan karena melampaui target transaksi yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar US$ 1,5 miliar,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dalam keterangan resminya Rabu (22/12/2021).

Dari capaian tersebut, nilai total transaksi buyer luar negeri tercatat sebesar US$ 3,54 miliar. Buyer dengan nilai transaksi terbesar berasal dari lima negara, yaitu Tiongkok dengan nilai transaksi sebesar US$ 1,68 miliar (27,8%), Mesir sebesar US$ 560,2 juta (9,24%), Brasil sebesar US$ 285,8 juta (4,71%), Jepang sebesar US$ 252,6 juta (4,17%), dan India sebesar US$ 204,3 juta (3,37%).

Produk-produk yang berhasil menarik minat buyer luar negeri pada TEI-DE 2021 adalah produk pertanian dengan nilai sebesar US$ 792 juta (13,06%), produk kimia sebesar US$ 316,7 juta (5,22%), minyak sawit sebesar US$ 307,8 juta (5,08%), produk herbal dan suplemen sebesar US$ 300 juta (4,95%), serta produk kertas dan kertas olahan sebesar US$ 298 juta (4,92%).

Baca juga :   Indonesia Persiapkan Diri Menuju Expo Dunia 2020 di Dubai

Sampai hari terakhir penyelenggaraannya, TEI-DE 2021 telah dikunjungi oleh 32.030 pengunjung dengan total pendaftar sejumlah 8.220 buyer dari 136 negara, terdiri atas 3.721 buyer mancanegara dan 4.499 buyer lokal.

Sementara itu lima negara dengan jumlah buyer terbanyak pada gelaran TEI-DE tahun ini adalah India, Tiongkok, Malaysia, Brasil, dan Mesir. Hal ini tidak terlepas dari peran Perwakilan Perdagangan di luar negeri yang aktif mempromosikan TEI-DE melalui pendampingan buyer dalam mencari produk Indonesia, membuka help desk, dan mengadakan pertemuan bisnis.

Pameran dalam TEI-DE tahun ini diikuti oleh 834 peserta pameran yang terbagi dalam delapan kategori produk, yaitu manufactured product; digital lifestyle & service; medical & healthcare; renewable energy; food & beverage products; living comfort & amenities; fashion & beauty products; dan halal product.

Baca juga :   Kontribusi E-Commerce Indonesia untuk Global Baru 0,6%

“Para peserta diharapkan terus menindaklanjuti kontak dagang yang terjadi selama TEI-DE berlangsung. Selain itu, perwakilan perdagangan di luar negeri juga akan terus mengawal tindaklanjut kerja sama yang terjalin antara para peserta pameran dengan buyer,” kata Lutfi.

Selama penyelenggaraan TEI-DE 2021, telah dilaksanakan pula beberapa kegiatan forum yaitu Trade Tourism & Investment Forum (TTI), Halal Trade Forum, bisnis forum, dan konseling bisnis. Selain itu, tercatat pula sebanyak 107 penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang melibatkan eksportir dan buyer dari 17 negara.

Kegiatan lain yang tidak kalah penting adalah penjajakan bisnis yang mampu menghasilkan transaksi sebesar US$ 2,521 miliar dengan buyer dari kawasan Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Eropa yang difokuskan untuk tenaga kerja terampil dan profesional. Selanjutnya, gelaran Embracing Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang diselenggarakan di Aquatik Stadium Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Baca juga :   Percepatan Ekonomi Digital Jadi Kunci Integrasi Yang Inklusif Kawasan Asia Pasifik

“Kesuksesan penyelenggaraan TEI-DE ini tentunya merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak. Untuk itu, diharapkan kerja sama yang telah terjalin selama ini dapat terus kita tingkatkan di tahun mendatang,” pungkas Lutfi.

 

STEVY WIDIA

Tags: Kementerian Perdaganganlampaui target transaksiTrade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition (TEI-DE) 2021
Previous Post

Visa Tingkatkan Keterampilan Literasi Keuangan Pelaku UMKM Perempuan

Next Post

Tarif Layanan Internet Broadband di Indonesia Bukan yang Termahal?

Related Posts

Populix Dapat Kucuran Investasi Rp 14 Miliar
Headline

Startup Riset Populix Raih Pendanaan Seri-A, Siap Rekrut Talenta Digital

27 Juni 2022
0
Tim Arjuna Electric Vehicle UGM
Innovation

Mobil Arcana Jadi Juara Ajang Sustainable World Electric Vehicle Design Competition

27 Juni 2022
0
CEO & Co-Founder Vinmo Kristoforus Giovanni
Headline

Startup Vinmo Hadirkan Layanan Earned Wage Access Untuk Karyawan

27 Juni 2022
0
Load More
Next Post
Sarwoto Atmosutarno - Mastel

Tarif Layanan Internet Broadband di Indonesia Bukan yang Termahal?

JFX - KBI x barista

JFX dan KBI Dukung Penyandang Disabilitas Menjadi Entrepreneur

KedaiMart

Tingkatkan Pelayanan, Transaksi KedaiMart Meroket 14 Kali Lipat di Akhir Tahun

Discussion about this post

Berita Terbaru

program Sampah Jadi Pulsa

Kini Sampah Botol Plastik Bisa Ditukar Jadi Pulsa

27 Juni 2022
0
Populix Dapat Kucuran Investasi Rp 14 Miliar

Startup Riset Populix Raih Pendanaan Seri-A, Siap Rekrut Talenta Digital

27 Juni 2022
0
Platform Inaya

Inaya, Platform Muslim Inovatif Untuk Beribadah

27 Juni 2022
0
The Meatless Deli

Kolaborasi Fore Coffee dan Green Rebel Hadirkan Menu Plant-Based

27 Juni 2022
0
Tim Arjuna Electric Vehicle UGM

Mobil Arcana Jadi Juara Ajang Sustainable World Electric Vehicle Design Competition

27 Juni 2022
0
FoodStartup Indonesia (FSI) 2022

Pemerintah Fasilitasi Intermediasi Akses Permodalan Startup Kuliner Lewat FSI 2022

27 Juni 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version