Senin, 27 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Mendikbud: Game Online Tak Selalu Berdampak Buruk

28 April 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Mendikbud: Game Online Tak Selalu Berdampak Buruk

Gamers sedang memainkan game online (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Permainan di layar elektronik seperti game online tidak selalu berdampak buruk bagi anak-anak. Sejumlah studi menunjukkan bahwa anak yang terbiasa bermain game sesuai umurnya, akan terbiasa mengambil keputusan secara cepat dan berani. Namun tidak semua game cocok untuk anak-anak.

“Game itu tergantung cara penggunaannya. Jangan anti game, jangan juga buta pro game. Tidak semua game memiliki karakteristik yang cocok untuk dimainkan oleh anak semua umur,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dalam keterangan tertulis, Rabu (27/4/2016) di Jakarta.

Oleh karena itu Anies mengatakan, untuk mengawasi anak, orang tua perlu tahu dan peduli bahwa di dalam game ada sistem rating. Rating inilah yang memberi peringatan kepada pembelinya mengenai kecocokan konten untuk dimainkan anak usia tertentu. Dengan demikian, anak-anak akan terhindar dari dampak game yang tidak sesuai usianya.

Baca juga :   Perkuat Modal Pengusaha Mikro, Amartha Gandeng Bank Ganesha

“Sebagian orang tua pun amat awam terhadap model atau rating game. Selain itu mereka tidak menyadari bahwa tidak semua game edukatif dan cocok untuk anak-anak,” ucap Anies

Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini menjelaskan, di negara maju seperti Amerika Serikat terdapat sistem Entertainment Software Rating Board (ESRB) yang memberikan kategori rating sesuai dengan usia. Kategori-kategori tersebut di antaranya adalah Early Childhood yang cocok untuk anak usia dini.

Kedua, Everyone yakni game cocok untuk semua umur. Selanjutnya kategori Everyone 10+ yakni game ini boleh dimainkan anak usia 10 tahun ke atas. Keempat, kategori Teen yakni game untuk anak usia 13 tahun ke atas. Kelima, kategori Mature yang khusus bagi remaja usia 17 tahun ke atas serta Adults Only yakni game khusus dewasa. Terakhir adalah kategori Rating Pending.

Baca juga :   BCA Siapkan Rp 39 Triliun Untuk Hari Raya Idul Fitri 2020

Selain kategori berdasarkan usia, Anies menjelaskan dikenal pula istilah deskripsi konten dalam ESRB. Di antaranya adalah konten Blood and Gore, Intense Violence, Nudity, Sexual Content, serta Use of Drugs.

“Biasanya, di kotak video game terdapat pengategorian seperti ini, ‘Mature 17+: Blood and Gore, Sexual Theme, Strong Language,” kata Anies. Anies menambahkan, klasifikasi ini menjadi sangat penting. Oleh karena itu, orang-orang di sekeliling anak wajib bertanggung jawab atas konten yang dimainkan anak-anaknya.

 

STEVY WIDIA

Tags: anies baswedanEntertainment Software Rating Board (ESRB)gamegame onlineMenteri Pendidikan dan Kebudayaan
Previous Post

HTC Kucurkan Dana Bagi Startup VR

Next Post

WIT 2016 Gelar Kompetisi untuk Stratup Pariwisata

Related Posts

Alodokter
Headline

Platform Telemedisin Alodokter Luncurkan Jejak Rekam Medis Elektronik

27 Maret 2023
0
Wall's The Happiness Project
news

Walls Hadirkan Program Edukasi Kebahagiaan Untuk Anak di Indonesia

27 Maret 2023
0
Suga BTS
News

Tiket.com Jadi Penyedia Tiket Resmi Konser Suga BTS

27 Maret 2023
0
Load More
Next Post
WIT 2016 Gelar Kompetisi untuk Stratup Pariwisata

WIT 2016 Gelar Kompetisi untuk Stratup Pariwisata

Transaksi Pembayaran E-Commerce Masih Konvensional

Transaksi Pembayaran E-Commerce Masih Konvensional

Menkominfo Turunkan Permen Uji Coba Tiga Bidang Teknologi

Menkominfo Turunkan Permen Uji Coba Tiga Bidang Teknologi

Discussion about this post

Berita Terbaru

Alodokter

Platform Telemedisin Alodokter Luncurkan Jejak Rekam Medis Elektronik

27 Maret 2023
0
Wall's The Happiness Project

Walls Hadirkan Program Edukasi Kebahagiaan Untuk Anak di Indonesia

27 Maret 2023
0
Suga BTS

Tiket.com Jadi Penyedia Tiket Resmi Konser Suga BTS

27 Maret 2023
0
Samsung Tech Institute

Dukung Peningkatan Kualitas Lulusan, STI Fasilitasi Uji Kompetensi Keahlian di SMK

27 Maret 2023
0
Transisi Energi

Membiayai Transisi Energi: Bagaimana Mengalirkan Dana untuk Mencapai Ekonomi Net-Zero

26 Maret 2023
0
Kurikulum Digital Dimulai dari Daerah

Kiat Memilih Universitas dan Jurusan Yang Tepat

26 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version