Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Mendikbud: Game Online Tak Selalu Berdampak Buruk

28 April 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Mendikbud: Game Online Tak Selalu Berdampak Buruk

Game online populer di kalangan anak-anak (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Permainan di layar elektronik seperti game online tidak selalu berdampak buruk bagi anak-anak. Sejumlah studi menunjukkan bahwa anak yang terbiasa bermain game sesuai umurnya, akan terbiasa mengambil keputusan secara cepat dan berani. Namun tidak semua game cocok untuk anak-anak.

“Game itu tergantung cara penggunaannya. Jangan anti game, jangan juga buta pro game. Tidak semua game memiliki karakteristik yang cocok untuk dimainkan oleh anak semua umur,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dalam keterangan tertulis, Rabu (27/4/2016) di Jakarta.

Oleh karena itu Anies mengatakan, untuk mengawasi anak, orang tua perlu tahu dan peduli bahwa di dalam game ada sistem rating. Rating inilah yang memberi peringatan kepada pembelinya mengenai kecocokan konten untuk dimainkan anak usia tertentu. Dengan demikian, anak-anak akan terhindar dari dampak game yang tidak sesuai usianya.

Baca juga :   Waspadai Serangan Ransomware WannaCry Di Bisnis

“Sebagian orang tua pun amat awam terhadap model atau rating game. Selain itu mereka tidak menyadari bahwa tidak semua game edukatif dan cocok untuk anak-anak,” ucap Anies

Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini menjelaskan, di negara maju seperti Amerika Serikat terdapat sistem Entertainment Software Rating Board (ESRB) yang memberikan kategori rating sesuai dengan usia. Kategori-kategori tersebut di antaranya adalah Early Childhood yang cocok untuk anak usia dini.

Kedua, Everyone yakni game cocok untuk semua umur. Selanjutnya kategori Everyone 10+ yakni game ini boleh dimainkan anak usia 10 tahun ke atas. Keempat, kategori Teen yakni game untuk anak usia 13 tahun ke atas. Kelima, kategori Mature yang khusus bagi remaja usia 17 tahun ke atas serta Adults Only yakni game khusus dewasa. Terakhir adalah kategori Rating Pending.

Baca juga :   Game The King of Fighters ALLSTAR Hadir di Indonesia

Selain kategori berdasarkan usia, Anies menjelaskan dikenal pula istilah deskripsi konten dalam ESRB. Di antaranya adalah konten Blood and Gore, Intense Violence, Nudity, Sexual Content, serta Use of Drugs.

“Biasanya, di kotak video game terdapat pengategorian seperti ini, ‘Mature 17+: Blood and Gore, Sexual Theme, Strong Language,” kata Anies. Anies menambahkan, klasifikasi ini menjadi sangat penting. Oleh karena itu, orang-orang di sekeliling anak wajib bertanggung jawab atas konten yang dimainkan anak-anaknya.

 

STEVY WIDIA

Tags: anies baswedanEntertainment Software Rating Board (ESRB)gamegame onlineMenteri Pendidikan dan Kebudayaan
Previous Post

HTC Kucurkan Dana Bagi Startup VR

Next Post

WIT 2016 Gelar Kompetisi untuk Stratup Pariwisata

Related Posts

Roblox Luncurkan Inovasi AI Untuk Berdayakan Pengguna dan Monetisasi Kreator
Headline

Roblox Patuhi Regulasi Perlindungan Anak di Indonesia

13 September 2025
0
Pemerintah Blokir “game online” Berbahaya
Headline

Pemerintah Akan Buat Sistem Rating dan Atur Batas Usia untuk Game Online

9 Juli 2025
0
MyTelkomsel Super App
Headline

MyTelkomsel Super App, Terus Permudah Pelanggan Menikmati Gaya Hidup Digital

30 Oktober 2024
0
Load More
Next Post
WIT 2016 Gelar Kompetisi untuk Stratup Pariwisata

WIT 2016 Gelar Kompetisi untuk Stratup Pariwisata

Transaksi Pembayaran E-Commerce Masih Konvensional

Transaksi Pembayaran E-Commerce Masih Konvensional

Menkominfo Turunkan Permen Uji Coba Tiga Bidang Teknologi

Menkominfo Turunkan Permen Uji Coba Tiga Bidang Teknologi

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version