youngster.id - Kini, live commerce telah menjadi bagian integral dari lanskap belanja di Indonesia, yang membuka peluang baru bagi pemilik merek untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat hubungan dengan konsumen.
Data dari Jakpat yang menunjukkan bahwa terdapat 83,7% masyarakat Indonesia pernah menonton live shopping. Memanfaatkan potensi pasar besar ini, SIRCLO pun menghadirkan layanan live commerce untuk mendukung pemilik merek dalam mengaktivasi pemasarannya di platform TikTok Shop.
Danang Cahyono, CEO Enterprise Solutions SIRCLO mengatakan, sebagai omnichannel commerce enabler yang terintegrasi dengan TikTok Shop melalui Application Programming Interface (API), pihaknya telah membantu banyak pemilik merek dalam mengoptimasi fitur TikTok Shop.
“Pengembangan layanan yang kami persembahkan melalui live commerce merupakan dampak dari meningkatnya permintaan dan perubahan perilaku konsumen yang signifikan selama setahun terakhir. Oleh karena itu, kami tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memudahkan pemilik merek dalam memanfaatkan peluang besar ini, guna memperluas jangkauan pasar mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar,” kata Danang, Senin (10/7/2023).
Melalui layanan live commerce dari SIRCLO ini pemilik merek dapat memanfaatkan TikTok Shop sebagai saluran yang efektif untuk menjalankan kampanye penjualan yang interaktif, memperluas jangkauan pasar produk dan membangun presensi yang kuat di dalam platform tersebut.
Selain menyediakan layanan produksi live commerce streaming yang memungkinkan pemilik merek untuk menjual secara langsung, SIRCLO juga menawarkan layanan pembuatan video singkat yang dikhususkan untuk kebutuhan pemasaran pemilik merek di platform media sosial melalui fasilitas SIRCLO Studio.
Berlokasi di Taman Tekno, Tangerang Selatan, SIRCLO Studio merupakan fasilitas inovatif yang dapat membantu pemilik merek dalam produksi live commerce streaming dan video singkat.
Menurut Danang, saat ini terdapat 8 mini studio yang dikhususkan untuk streaming dan 1 studio kolaboratif yang dapat digunakan dengan pengaturan yang lebih fleksibel, bahkan dapat diubah menjadi tata ruang yang lebih kompleks.
“Kami akan terus mengoptimalkan kapabilitas tenaga kerja yang kami miliki dan memperluas jumlah studio sebagai sarana produksi streaming demi meningkatkan performa bisnis pemilik merek,” tambahnya.
Dengan memanfaatkan video singkat yang menarik minat, pemilik merek dapat menciptakan konten yang menarik perhatian konsumen dan meningkatkan minat terhadap merek mereka. Video singkat yang dioptimalkan secara khusus untuk kanal media sosial ini diyakini memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan yang padat dan efektif, memancing rasa ingin tahu konsumen, dan mendorong interaksi yang lebih besar. Melalui strategi pemasaran audiovisual, pemilik merek dapat memperkuat kesadaran merek, serta meningkatkan tingkat konversi penjualan.
Salah satu merek yang memanfaatkan layanan live commerce SIRCLO ini adalah Philips. Perusahaan multinasional ini mempercayakan SIRCLO untuk mengelola fitur live commerce dalam memasarkan produknya, yakni Philips E-store dan Philips Avent.
Hasilnya, Philips mengalami pertumbuhan masif secara konsisten dalam menjalankan live commerce streaming bersama SIRCLO. Di antaranya peningkatan traffic rata-rata per bulan hingga 6x untuk Philips Avent dan 30x bagi Philips E-store. Adapun 80% dari pengikut baru akun Philips Avent dan Philips E-store diperoleh secara organik melalui sesi live commerce. Kombinasikan sesi live commerce streaming yang intensif serta program flash sale untuk periode terbatas sukses meningkatkan performa penjualan hingga dua kali lipat setiap bulannya.
“Kami memahami tantangan masyarakat saat ini, di mana mereka harus menyeimbangkan antara kesibukan diri dan keluarga serta lingkungan sosialnya. Kami senang dapat bekerja sama dengan mitra-mitra kami seperti SIRCLO untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen – baik melalui produk ataupun strategi pemasaran dan penjualan,” kata Dion Purna Satwika Amudra, Country Consumer Marketing Manager, Philips Personal Health.
Diklaim Danang, setelah beroperasi selama kurang lebih satu tahun, layanan live commerce SIRCLO berhasil bekerja sama dengan lebih dari 50 pemilik merek terkemuka di Indonesia. Termasuk dengan merek Philips.
“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam membantu penjualan pemilik merek di berbagai kanal terbaru dan relevan. Kami ingin menjadi mitra yang dapat memperluas peluang dan potensi pasar, serta menjawab tantangan dalam perubahan tren pasar dengan solusi yang inovatif dan efektif. Dengan mengembangkan layanan live commerce ini, kami bertekad untuk menciptakan nilai tambah bagi pemilik merek yang kami layani sehingga mampu mendukung mereka dalam mencapai kesuksesan,” tutup Danang.
STEVY WIDIA
Discussion about this post