youngster.id - Telkomsel menghadirkan program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2021. Program ini ditujukan untuk mendorong pertumbuhan UKM lokal kreatif terutama dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Kegiatan ini ditujukan untuk para pelaku UKM di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan.
General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso mengatakan, Telkomsel menghadirkan Digital Creative Entrepreneurs 2021 sebagai salah satu langkah dalam memaksimalkan pemberdayaan sektor UKM. Termasuk mendorong peningkatan kapasitas SDM agar menjadi smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang ada saat ini untuk dapat mengoptimalkan pemasaran, brand value, hingga produk inovatif yang mampu meningkatkan penjualan dan pendapatan.
“Inisiatif ini juga bagian dari upaya kami dalam #UnlockingOpportunities dan mendukung upaya yang gencar didorong pemerintah agar sektor UKM dapat melewati berbagai tantangan sehingga tetap dapat menjadi penggerak roda perekonomian bangsa di berbagai kondisi melalui pemanfaatan teknologi terkini,” kata Andry dalam peluncuran DCE 2021, Selasa (2/11/2021).
Sebelumnya, Telkomsel pernah menggelar program sejenis melalui Digital Creative Millenials yang khusus menyasar segmen usaha kecil khusus busana oleh milenial melalui program solusi satu pintu berskema kemitraan dengan komunitas supplier dan marketer lokal di Jawa Barat. Pada 2021 kali ini, Telkomsel melakukan pendekatan berbeda dengan membuka peluang seluas-luasnya bagi para entrepreneur dan pemilik usaha lokal di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan. Telkomsel juga melibatkan ekosistem digital Telkomsel yaitu 99% Usahaku, Telkomsel MyAds, dan Kuncie serta Emtek Digital Bukalapak, Vidio, dan KLY.
“Aksi kolaboratif ini diharapkan dapat menjadikan DCE 2021 sebagai wadah yang lebih optimal dalam mendorong kemajuan sektor UKM lokal untuk lebih berkembang dengan digital. Kami juga meyakini bahwa program ini mampu menghadirkan perubahan signifikan yang berdampak bagi sektor UKM agar dapat bersaing hingga level global. Inisiatif ini juga merupakan keberlanjutan komitmen Telkomsel dalam merangkul para pegiat serta pelaku UKM yang dapat mendorong gerakan #BanggaBuatanIndonesia sampai ke mancanegara,” tutup Andry.
Peserta program DCE 2021 akan melalui beberapa tahap penyeleksian untuk memilih 150 UKM untuk dapat mengikuti rangkaian program. Menurut Manager CSR Education and Community Development Telkomsel Hadi Sucitpo, para UKM terpilih akan menjalani masa orientasi dan mentoring selama tiga minggu yang akan didukung oleh sejumlah expert yang berada di ekosistem digital Telkomsel.
“Para UKM terpilih akan mendapatkan akses ke ratusan modul pembelajaran mulai dari brand & design, storytelling, business & campaign, legal & IP rights, digital & social media, market research, quality control, hingga leadership & growth,” ujarnya.
Selanjutnya, peserta akan kembali disaring hanya menjadi 15 peserta UKM untuk dapat mengikuti sesi workshop, orientasi, dan mentoring selama satu minggu. Di akhir program, sebagai lanjutan upaya buka semua peluang, Telkomsel menghadirkan program festival virtual UKM dengan memberikan kesempatan kepada 150 peserta DCE 2021 untuk menjangkau pangsa pasar lebih luas.
“Digital Creative Entrepreneurs 2021 diharapkan dapat menjadi peluang besar bagi para pelaku UKM dalam beradaptasi sekaligus mengimplementasikan berbagai perkembangan teknologi terkini yang dapat mendukung kemajuan usaha ke level lebih tinggi,” katanya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post