youngster.id - Tokopedia merupakan platform ecommerce yang paling banyak dikunjungi masyarakat di Indonesia. Menurut data Similarweb periode Januari-Juni 2021, setiap bulannya Tokopedia dikunjungi 132,8 juta kali.
Di sisi lain, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli, masing-masing secara berurutan menempati peringkat 2 hingga 5. Similarweb mencatat bahwa Shopee mengantongi kunjungan bulanan 116 juta kali. Sementara itu, Bukalapak 28,9 juta kali dikunjungi setiap bulannya. Pengunjung bulanan Lazada mencapai 25,69 juta kali, dan Blibli dengan 17,98 juta kunjungan pada periode yang sama.
Tingginya minat masyarakat mengunjungi dan berbelanja daring tersebut mendorong peningkatan nilai transaksi e-commerce sepanjang semester I -2021 yakni sebesar 63,4% menjadi Rp 186,7 triliun.
Bahkan, Bank Indonesia (BI) memperkirakan hingga akhir tahun 2021 transaksi e-commerce dapat meningkat 48,4% sepanjang tahun 2021 menjadi Rp 395 triliun.
Perry Warjiyo, Gubernur BI mengatakan peningkatan transaksi ini banyak dilakukan oleh pedagang ritel yang juga merupakan UMKM. “Peningkatan transaksi e-commerce tersebut menjadi cerminan bahwa digitalisasi UMKM sangat penting, apalagi mengingat ekonomi dan keuangan digital di tengah COVID-19 tumbuh sangat cepat,” ujar Perry.
Selain itu, ia menjelaskan mayoritas e-commerce saat ini sudah banyak yang memakai uang elektronik dalam transaksi pembayarannya.
“Adapun untuk transaksi uang elektronik pada paruh pertama tahun ini berhasil tumbuh 41% mencapai Rp 132 triliun, sehingga keseluruhan tahun diperkirakan mencapai Rp 278 triliun,” pungkasnya.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post