Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Transaksi Produk Lokal Terus Naik, Pelaku Usaha Perlu Memanfaatkan Platform Digital

6 April 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
UKM daerah

Produk kerajinan lokal jadi andalan UKM daerah. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Transaksi produk lokal terus mengalami kenaikan. Catatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang dirilis Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan NielsenHQ Indonesia, menunjukkan transaksi produk lokal naik sebesar Rp1 triliun menjadi Rp5,6 triliun pada tahun 2020.

Angka tersebut terus meningkat. Pada 2021, Harbolnas mencatat transaksi produk lokal menjadi Rp8,5 triliun, dan mencapai Rp10 triliun pada 2022.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Siberkreasi melatih para pelaku usaha lokal mempersiapkan brand mereka agar bisa merambah dan menguasai pasar nasional, serta mendorong kreativitas dalam memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan transaksi penjualan.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan mengatakan, seluruh masyarakat agar bisa meningkatkan literasi digital, tentunya dalam hal ini, salah satunya, untuk menjalankan usaha di ruang digital.

Baca juga :   Gotongroyong.in Platform Donasi Tanpa Uang

“Perkembangan teknologi digital ini salah satunya terpacu oleh pandemi yang telah mendorong kita beraktivitas di ruang digital,” ujar Semuel dalam keterangan pers, Kamis (6/4/2023).

Menurut Semuel, salah satu aktivitas di ruang digital yang pertumbuhannya luar biasa adalah belanja online. Namun menjalankan usaha di ruang digital membutuhkan keahlian tambahan berkaitan dengan tren di industri ini. Meski memiliki istilah serupa dengan usaha konvensional, ruang digital memungkinkan adanya perbedaan yang signifikan. Salah satunya adalah branding.

Branding merupakan cara membentuk pencitraan sebuah produk atau merek dagang untuk membedakan diri dari pesaing. Jika sebuah produk atau merek dagang sudah memiliki branding tersendiri, maka hal itu mampu menjelaskan kelebihan dan manfaatnya dibanding pesaingnya.

Baca juga :   Lindungi Milenial, TikTok Rilis Pusat Keamanan di Indonesia

Menurut praktisi digital, Enda Nasution, penegasan eksistensi produk lokal perlu diperkuat lantaran tingkat persaingan di pasar nasional semakin tinggi. Eksistensi sebuah produk di kawasan lokal akan menjadi pondasi kuat untuk melebarkan sayap di wilayah yang lebih besar.

“Sebuah produk lokal harus lebih dulu memantapkan posisinya di wilayah sekitar, lalu mengembangkan kualitas produk seiring memperkenalkannya pada lingkup yang lebih besar,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk menjangkau wilayah pasar yang lebih luas, perlu memastikan konsumen percaya pada kualitas produk selama pengiriman.

“Jaminan itu perlu disampaikan saat menyusun dan menjalankan strategi branding. Strategi branding perlu disusun sedemikian rupa mulai dari konten, hingga pilihan platform digital yang akan dipilih sebagai medianya. Hal ini penting agar konten benar-benar menyampaikan semua informasi penting dari sebuah produk atau merek yang akan mendorong konsumen memutuskan membelinya,” jelasnya.

Baca juga :   E-Commerce Tidak Dikenakan Jenis Pajak Baru

Adapun pengusaha yang masih ingin mendalami keahlian dan kecakapan digital yang dibutuhkan dalam mengembangkan usahanya, bisa mencari lembaga pelatihan atau komunitas bisnis digital. Seperti HKomunitas Bukalapak yang memiliki lebih dari 40 ribu anggota di 142 kota dan kabupaten.

“Komunitas Bukalapak didirikan atas dasar kepedulian kami pada para pelaku usaha atau UMKM sekaligus menjadi sarana untuk memberikan edukasi yang dapat memaksimalkan bisnis mereka. Para anggota tidak hanya saling berbagi pengalaman terkait bisnis mereka, tapi juga mendapatkan edukasi dalam berbagai kegiatan,” ungkap Ian Agisti Dewi Rani Head of Merchant Community and Engagement Bukalapak.

STEVY WIDIA

Tags: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)komunitas BukalapakProduk LokalSiberkreasi
Previous Post

Telkom Segera Integrasikan IndiHome ke Telkomsel

Next Post

AWS Lift Program Pendukung UKM Indonesia Bertransformasi Digital

Related Posts

Memanfaatkan Teknologi Untuk Berkreasi, Berinovasi dan Menciptakan Bisnis Berkelanjutan
News

Shopee Beri Panggung Produk Lokal UMKM

13 Agustus 2025
0
Shopee Big Ramadan Sale 2025
News

Shopee Optimalkan Penjualan Produk Lokal di Big Ramadan Sale

27 Februari 2025
0
Lalamove Gelar Pelatihan Keterampilan dan Perlindungan Data Pribadi Mitra Pengemudi
News

Lalamove Gelar Pelatihan Keterampilan dan Perlindungan Data Pribadi Mitra Pengemudi

26 Oktober 2024
0
Load More
Next Post
UKM

AWS Lift Program Pendukung UKM Indonesia Bertransformasi Digital

Huawei Donasi

Huawei Dukung Peningkatan Kapasitas Talenta Digital Termasuk Digisantri di Indonesia

Home Credit

Layanan Pembiayaan Jadi Pilihan Masyarakat Di Masa Ramadan

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version