Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tren Pengguna THR: Mayoritas Memilih Menabung

4 Juni 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Belanja Ramadan Melalui Aplikasi Mobile Meningkat Pesat

Belanja selama Ramadan melalui aplikasi mobile di Indonesia meningkat pesat dibandingkan Malaysia dan Singapura (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ternyata pengunaan tunjangan hari raya (THR) tak selalu dihabiskan dalam sekejap. Riset terbaru Snapcart mendapati bahwa mayoritas responden memilih untuk menambung uang mereka. Selain itu ada sejumlah tren lain dari survei berlangsung pada 16 hingga 23 April 2019.

Dalam menyusun riset ini, Snapcart melakukan survei pada seribu responden dari berbagai kategori usia dan jenis kelamin. Mayoritas responden berasal dari Jabodetabek sebesar 53,8%

Meski momen penerimaan THR identik dengan minat belanja yang melonjak, namun survei Snapcart menunjukkan bahwa 65% responden memilih untuk menabung uang yang mereka terima. Sementara kegiatan membelanjakan uang THR justru berada di posisi dua, dengan persentase enam puluh persen.

Baca juga :   ShopeePay Mantul Sale, Dorong Masyarakat Indonesia Jadi Smart Spender

Selain dua hal itu, ada juga beberapa kegiatan lain yang menjadi pilihan responden setelah menerima THR. Yakni zakat dan sedekah (45%), investasi (35%), dan membeli tiket mudik (24%).

Selain itu, dari 60% responden yang memilih untuk membelanjakan uang THR, 91% memilih untuk belanja lewat e-commerce. Sementara mereka yang memilih mengunjungi toko fisik sebesar 56%, dan yang berbelanja lewat online shop di Instagram sebesar 17%.

Survei tersebut juga menjelaskan alasan orang lebih memilih belanja lewat e-commerce. Di antaranya karena ada banyak promosi, gratis ongkos kirim, harga relatif lebih murah, dan pilihan produk lebih banyak.

Sementara itu survei juga mendapati di antara para pemain e-commerce di Indonesia, 57% responden dalam survei Snapcart memilih Shopee sebagai marketplace online pilihan. Tokopedia sebagai e-commerce unicorn lokal justru berada di posisi kedua dengan 19%. Disusul Lazada dan Bukalapak.

Baca juga :   Mayoritas Pekerja Inginkan Bekerja Secara Hibrida

Dalam hal kategori barang yang dibeli, ada perbedaan antara responden perempuan dan laki-laki. Perempuan dan ibu rumah tangga lebih tertarik membelanjakan THR untuk membeli baju, tas, sepatu dan aksesori.

Sementara laki-laki lebih tertarik untuk membeli produk digital, gawai, atau peralatan olahraga dan hobi. Selain itu, kategori bahan-bahan makanan dan perlengkapan anak juga cukup diminati selama bulan Ramadan.

Tren positif perkembangan e-commerce juga nampak pada survei Snapcart ini. Tahun ini, jumlah pembelanjaan THR melalui e-commerce ini meningkat delapan persen di banding hasil riset yang sama pada Ramadan tahun lalu, yang baru mencapai 83%.

Diperkirakan peningkatan ini terjadi karena rasa percaya responden yang semakin tinggi pada e-commerce, serta alternatif metode pembayaran yang kini semakin beragam dan mudah.

Baca juga :   Daruma Siap Pasarkan Produk UMKM Berskala Besar

Menyambut kehadiran Ramadan dan hari raya Lebaran, banyak e-commerce memberikan tambahan item (bonus) ataupun paket spesial bagi para pelanggannya. Sayang, berdasarkan hasil survei Snapcart, kedua bentuk promosi tersebut justru kurang menarik.

Para responden justru menyukai bentuk promosi yang konvensional saat membelanjakan uang mereka. Diskon atau potongan harga menjadi yang paling dicari dengan persentase 29%. Setelahnya, ada cashback (19%), flash sale (18%), dan gratis biaya kirim (16%).

STEVY WIDIA

Tags: survei
Previous Post

Ramadan 1440 H, EF Berbagi Kebahagiaan Di Panti Asuhan dan Panti Jompo

Next Post

Rendy Aditya Wachid : Ingin Jadikan Indonesia Bebas Sampah

Related Posts

live streaming
Headline

Fitur Penjualan Live Streaming Masih Jadi Primadona e-Commerce di 2024

15 Januari 2024
0
Komunitas Mitra Pengemudi Grab di Bali
Analyze

Berkat Program Solidaritas dan Kesejahteraan 91,7% Mitra Pengemudi Grab Loyal

6 April 2023
0
layanan pesan-antar makanan online
Analyze

Layanan Pesan-Antar Online Telah Jadi Keseharian Masyarakat

9 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Rendy Aditya Wachid : Ingin Jadikan Indonesia Bebas Sampah

Rendy Aditya Wachid : Ingin Jadikan Indonesia Bebas Sampah

Tim ITB Raih Global Winner L’oreal Brandstorm Challenge

Tim ITB Raih Global Winner L'oreal Brandstorm Challenge

Blibli.com

Blibli.com Perkuat UKM Untuk Siap Ekspor

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version