Eggsotist, Pasta Gigi Praktis dari Cangkang Telur

Ahmad Fauji dan Fiona Salfadila dari IPB. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tim mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Ternak (THT) Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat pasta gigi praktis dari cangkang telur. Menariknya, pasta bernama Eggsotist ini dapat langsung digunakan tanpa harus dioleskan pada sikat gigi.

Pasta gigi tersebut terbuat dari kerabang atau cangkang telur dengan campuran susu ini dinamakan dengan Eggsotist. Adalah Ahmad Fauji dan Fiona Salfadila yang membuat pasta gigi praktis ini.

Fauji mengatakan, menggosok gigi dengan menggunakan Eggsotist dapat mengefisienkan waktu dan tenaga karena saat akan menyikat gigi tidak diperlukan adanya pergerakan membuka dan menutup kemasan pasta gigi, serta tanpa perlu mengoleskan pasta gigi ke sikat gigi.
“Eggsotist dapat menjadi salah satu solusi dalam permasalahan yang sering dijumpai, yaitu sering kali pasta gigi terjatuh saat kita mengoleskannya gigi ke sikat gigi,” ucapnya yang dilansir laman IPB baru-baru ini.

Selain praktis dan efisien, lanjut Fauji Eggsotist ini juga menyehatkan karena mengandung berbagai bahan hasil peternakan seperti susu dan kerabang telur yang mengandung kalsium tinggi. “Eggsotist pun tidak mengandung detergen, sehingga aman untuk digunakan,” ucapnya.

Baca juga :   Inovasi Mahasiswi IPB Hadirkan Minuman Anti Penuaan Dini

Untuk kelajutan Eggsotist, Fauji mengatakan bahwa saat ini Eggsotist sedang disempurnakan formulanya. “Kami masih mencari beberapa bahan untuk antibakteri dan bahan yang dapat menghasilkan busa dari peternakan. Agar kelak Eggsotist dapat diproduksi,” pungkasnya.

Berkat Eggsotist mereka meraih juara dua dalam lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Fast Week 2018 yang bertemakan Optimasi Peran Mahasiswa dalam Membangun Peternakan Berdaya Saing Industri dan diselenggarakan oleh Lembaga Kajian Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

STEVY WIDIA