Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

5 Tren Layanan Customer Experience di Indonesia Tahun 2023

23 Februari 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
NXT CX Summit SEA 2023

(ki-ka) Founder SOPA Dennis Nguyen, Ketua Umum ICXP Sri Safitri dan Co-Founder Exotel Sachin Bhatia. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Layanan pelanggan (customer experience/CX) memiliki dampak yang signifikan terhadap kesuksesan jangka panjang sebuah bisnis. Diprediksi akan ada 5 tren yang bakal berpengaruh pada layanan CX di tahun ini. Termasuk kehadiran teknologi berbasis artificial intelligence (AI) dan machine learning.

Ketua Umum Indonesia Customer Experience Profesional (ICXP) Sri Safitri mengatakan, bahwa CX menunjukkan kemampuan berkompetisi dari perusahaan. Karena itu, CX merupakan  hal penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, citra perusahaan, retensi pelanggan, mengurangi biaya perolehan pelanggan, dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

ICXP memprediksi akan ada lima tren CX yang menjadi perhatian di tahun ini. Yaitu,  Artificial Intelligence dan Machine Learning, Human-Centric CX Design, Total Experience, Use of Omnichannel, dan Metaverse in CX.

Baca juga :   Lebih Dari 70% Mitra Pengemudi Grab Indonesia Telah Divaksin Lengkap

“Untuk tahun ini CX akan kian bertumpu otomasi dan layanan mandiri guna mensiasati kurangnya staf karyawan. Opsi pelayanan mandiri akan melonjak bahkan meluas dalam bentuk video pendek dan memo suara yang memungkinkan pelanggan memecahkan masalah sekaligus memenuhi dari sisi kebutuhan dan waktu pelanggan,” kata Safitri di sela-sela acara The 8th NXT CX Summit SEA 2023 Rabu (22/2/2023) di Hotel Kempinski, Jakarta.

Tren kedua adalah tumbuhnya pengalaman Phygital (Physical and Digital). Pengalaman Phygital yang mengaburkan batas antara fisik dan digital akan unggul pada tahun ini serta berkembang menjadi sebuah industri baru, terutama perbankan dan asuransi. “Phygital akan berkembang lebih dari sekadar kios dan aplikasi pengalaman inovatif yang digunakan pelanggan untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar, termasuk mobil dan rumah,” ujarnya.

Baca juga :   Layanan Hibrid AI dan Manusia Akan Jadi Tren dalam Customer Experience

Ketiga, semua pengalaman terkait CX kian penting selama resesi. Ini terjadi karena pertumbuhan belanja konsumen diperkirakan turun pada tahun 2023, sehingga sebagian besar pelanggan merasakan tekanan inflasi dan resesi yang membayangi. Karenanya, pemegang merek dan perusahaan perlu menunjukkan empati sekaligus membangun hubungan kuat untuk masa depan.

Keempat, pengalaman perpaduan Immersive AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) akan menjadi norma di tahun 2023 saat pelanggan memasuki dunia baru. Pengalaman imersif akan lebih dari sekadar mencoba pakaian dan tata rias secara virtual, dan atau memamerkan produk dan merek serta membangun dunia virtual seputar produk dan konten digital.

“Terakhir, anggaran CX yang minim akan mendorong tim perlu melakukan lebih banyak usaha dengan lebih sedikit bujet. Tim CX harus mampu melakukan lebih banyak program dengan lebih sedikit anggaran dan fokus pada proyek dengan nilai profit tertinggi,“ ungkap Savitri lagi.

Baca juga :   Memanfaatkan Teknologi Artificial Intelligence untuk Bantu Analisa Risiko

Sementara itu, menurut Co-Founder Exotel Sachin Bhatia, tren CX  juga akan memadukan interaksi campuran antara manusia dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk pelanggan.

“AI tidak selalu bisa menjawab keinginan spesifik customer, namun di tengah tren global layanan manusia juga terbatas. Karenanya, layanan yang memadukan keduanya akan menjadi tren dalam customer experience ke depan,” katanya menegaskan.

 

STEVY WIDIA

Tags: Artificial Intelligencecustomer experience (CX)ExotelHuman-Centric CX DesignIndonesia Customer Experience Profesional (ICXP)machine learning
Previous Post

Raih Pendanaan, Startup SaaS Ledgerowl Akan Akselerasi Produk untuk UMKM

Next Post

Kolaborasi Kemenparekraf dan Youtube untuk Meningkatkan Ekonomi Digital Kreatif

Related Posts

Artificial Intelligence
Headline

Artificial Intelligence di Indonesia, Perkembangan dan Peluangnya

3 Maret 2025
0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan
News

WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

11 Desember 2024
0
teknologi AI
Headline

Artificial Intelligence, Revolusi Teknologi yang Mengubah Cara Bisnis Beroperasi

27 Juni 2024
0
Load More
Next Post
inisiatif #ngeShortsBareng

Kolaborasi Kemenparekraf dan Youtube untuk Meningkatkan Ekonomi Digital Kreatif

Aset digital

PINTU Hadirkan Kelas Belajar Aset Digital di Pintu Academy

FH UPH juara Philip C. Jessup Competition 2023

Juara Nasional Philip C. Jessup Competition 2023, Mahasiswa UPH Wakili Indonesia di Washington D.C

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version