Advocado Bidik UMKM di Indonesia

Startup Advocado memperluas jangkauan pasarnya dengan membidik pasar UMKM di Indonesia (Foto: Istimewa)

youngster.id - Berkolaborasi dengan YKN Finesia Tech, bisnis rintisan Advocadoapp.com melebarkan sayapnya di Indonesia sebagai negara ke tujuh, setelah sukses di Singapore, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Hongkong.

Sebagai startup yang bergerak di bidang software berbasis webapp untuk merchants atau UMKM meningkatkan pendapatan dan efisiensi operasional melalui program loyalitas, Advocado akan membidik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia sebagai target pasarnya.

Menurut Su Aidi, Business Development Manager Advocado Indonesia, mulai tingginya serapan teknologi oleh UMKM di Indonesia yang mencapai 50% dari jumlah keseluruhan UMKM retail, namun belum dapat memaksimalkan peningkatan pendapatan mereka dengan memanfaatkan data dan layanan program loyalitas pelanggan. Kebanyakan program loyalitas yang hadir di Indonesia, hanya sebatas “poin loyalitas” dan umumnya software bertarif mahal untuk diterapkan di merchants atau UMKM.

“Belum banyak UMKM dan coffee shop terjaring dalam program loyalitas tertentu, selain karena masalah harga, ketidaklengkapan fitur program loyalitas untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan pemilik bisnis, menjadi faktor utama program loyalitas belum diterapkan maksimalm,” ujar Su Aidi.

Baca juga :   UGM Juara Umum FDI Di Argentina

Selain itu, sering kali dari pihak merchant kekurangan informasi yang komprenhensif dari provider mengenai manfaat program loyalitas.

“Banyak aplikasi poin loyalitas yang masuk ke kami, tetapi kami tidak memahami itu sebagai sesuatu yang dibutuhkan oleh manajemen, sebelum akhirnya kami paham bagaimana meningkatkan omset melalui program ini,” ungkap Helmita, salah satu Owner Bakery Shop yang memiliki cabang di Kota Jakarta dan Malang.

Menurut data Kemenkop, kontribusi UKM terhadap Produk Domestik Bruto (GDP) sekitar 60%, dan mencakup hampir 90% ketenagakerjaan di Indonesia. “Dengan membantu bisnis UKM menerapkan solusi digital dari program loyalitas, kami percaya Advocado dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap perkembangan ekonomi Indonesia,“ tambah Su Aidi.

FAHRUL ANWAR