Sabtu, 28 Januari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Digitalisasi Pasar Rakyat, Kemendag Gandeng PT Pos Indonesia

14 November 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Pasar Rakyat Digital

Digitalisasi Pasar Rakyat, Kemendag Gandeng PT Pos Indonesia (Foto: ANTARA)

youngster.id - Pedagang pasar rakyat merupakan penggerak ekonomi kerakyatan yang berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, perlu terus meningkatkan daya saing pasar rakyat dengan berbagai upaya. Salah satunya melalui digitalisasi.

“Sebagaimana arahan Presiden RI kepada Menteri Perdagangan, Kemendag ditugaskan untuk melakukan digitalisasi pasar rakyat. Manfaatnya banyak, bukan hanya semata memudahkan transaksi, tetapi jauh lebih luas dan substantif, yaitu efektivitas perdagangan, mendukung inklusi keuangan dan kesempatan usaha dalam bidang perdagangan dan rantai pasok juga akan lebih efektif dan cepat,” jelas Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, pada acara peluncuran Digitalisasi Pasar Rakyat hasil kolaborasi PT Pos Indonesia dengan Kementerian Perdagangan,di Pasar Sonder, Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (11/11/2022) lalu.

Dalam kolaborasi digitalisasi ini, PT Pos Indonesia menyediakan layanan Pospay, Pospay Kios, QRIS, dan PosAja. Untuk tahap awal, program PosPay telah diterapkan sebagai metode pembayaran pengganti uang tunai dalam transaksi di pasar rakyat, program Pospay Kios yang dapat menjadi unit layanan dari pedagang untuk fasilitas cash in dan cash out, serta adanya kios pedagang yang menjadi drop point PosAja di pasar untuk fasilitas mempermudah pengiriman barang pasar.

Untuk memperlancar program digitalisasi pasar rakyat, baik Kemendag maupun PT Pos Indonesia mengatakan perlunya dukungan infrastruktur komunikasi, berupa akses dan layanan Internet yang memadai. Kendala ini sering ditemui di daerah-daerah luar Jawa khususnya di Indonesia Timur. Sebagai salah satu solusinya, PT Pos Indonesia akan membantu akses Internet pedagang dan konsumen melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Untuk memudahkan para pedagang maupun pembeli dalam proses transaksi, PT Pos Indonesia melalui program CSR memberikan bantuan koneksi internet di Pasar Sonder secara gratis selama 1 Tahun,” kata Direktur Busnis jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris Husein.

Menurut Wamendag Jerry, dengan diterapkannya PosPay dan PosAja, para pengelola dan pedagang serta pemangku kepentingan diharapkan dapat memberikan dukungannya agar program ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat diimplementasikan secara optimal.

“Semoga kolaborasi Kemendag dan PT Pos Indonesia memberikan dampak signifikan bagi daya saing dan kemajuan pedagang pasar rakyat di Indonesia,” pungkas Wamendag.

 

HENNI SOELAEMAN

Tags: Digitalisasi Pasar RakyatPosAjaPospayPospay Kios
Previous Post

Talenta Kreatif Perlu Garap Potensi Digital Agar Bisa Raup Untung Rp4.531 Triliun di 2030

Next Post

Ciptakan Dampak Lebih Besar bagi Bangsa, Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo Hutchison Berkolaborasi Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Related Posts

perilaku belanja konsumen
Analyze

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
iQOO x BMW M Motorsport
news

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

27 Januari 2023
0
Space Roastery
News

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

27 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Telkom x IOH

Ciptakan Dampak Lebih Besar bagi Bangsa, Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo Hutchison Berkolaborasi Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Startup

Ini Loh Permasalahan yang Dihadapi Startup Indonesia

Tren Penggunaan Dompet Digital Indonesia Meningkat

Transaksi Fintech Diprediksi Capai Rp433,2 Triliun pada 2030

Discussion about this post

Berita Terbaru

perilaku belanja konsumen

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
iQOO x BMW M Motorsport

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

27 Januari 2023
0
Space Roastery

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

27 Januari 2023
0
kosmetik

Strategi Perusahaan Korea Menggarap Potensi Pasar Industri Kosmetik Indonesia

27 Januari 2023
0
Cakap x Telkomcel

Ekspansi ke Timor Leste, Edtech Cakap Gandeng Telkomcel

27 Januari 2023
0
Modalku x Ninja Xpress

Modalku Gandeng Ninja Xpress Untuk Permudah UMKM Impor Bahan Baku

27 Januari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version