Kamis, 2 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Talenta Kreatif Perlu Garap Potensi Digital Agar Bisa Raup Untung Rp4.531 Triliun di 2030

14 November 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Talenta digital

Hingga 2030, Indonesia Butuh 9 Juta Talenta Digital (Foto: ilustrasi)

youngster.id - Indonesia perlu menggarap sektor ekonomi digital mengingat, potensi ekonomi digital nasional diproyeksikan mencapai Rp4.531 triliun pada 2030. Untuk itu, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengajak para talenta kreatif Indonesia termasuk mereka yang sudah berkarier di dunia digital tingkat internasional untuk bersama-sama mengelola potensi ekonomi digital di Tanah Air.

“Ini tantangan bagi kita. Sebelumnya kami telah membicarakan dengan Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, kuncinya bagaimana Indonesia mampu melahirkan talenta digital. Baik talenta digital dunia yang didatangkan ke Indonesia atau pun talenta Indonesia di tingkat dunia. Bukan hanya diasporanya saja tapi juga talentanya,” kata Teten dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/11/22).

Baca juga :   Dukung Wirausaha Muda, Microsoft Gelar Kompetisi Teknologi Imagine Cup

Teten menilai bahwa banyak industri e-commerce yang saat ini memanfaatkan tenaga talenta digital dari India. Dengan begitu, dia menyebut bahwa Indonesia juga mesti menjadi ruang ekosistem yang baik bagi talenta digital dunia.

“Ke depan kita harus punya target apalagi ternyata selama ini Bali menjadi tempat tinggalnya talenta dunia. Karena laporan dari idEA (Indonesian E-Commerce Association), talenta digital dunia tinggal di Bali. Ini harus kita lacak karena mestinya mereka bukan hanya tinggal tapi bisa membangun ekosistem digital kita. Saya kira ini menjadi target kita terkait dengan kekuatan ekonomi digital,” kata Teten.

Ia menegaskan, market Indonesia memang sangat besar dengan capaian pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2022 yang tumbuh 5,7% dan konsisten di kuartal II sebesar 5,4%. Dia juga menuturkan bahwa banyak lembaga dunia memprediksi Indonesia pada 2045 menjadi empat kekuatan ekonomi dunia setelah AS, China, dan India.

Baca juga :   FitAja, SuperApp Healthcare Hasil Sinergi BUMN Untuk Masyarakat Indonesia

“Di era digital, saya kira para talenta digital seperti startup hadir dengan semangat untuk menjadi pemenang. Kita tidak boleh punya mental nomor dua. Karena kita akan menjadi empat leader dunia. Mental kita harus disiapkan. Mental mau kalah harus dibuang,” kata.

Selain itu, Teten juga memaparkan bahwa pihaknya memiliki program untuk melibatkan kampus dalam melakukan evolusi UMKM, salah satunya dengan pengembangan produk UMKM berbasis kreativitas dan teknologi. Soal kreativitas, kata Teten, Indonesia bisa dikatakan sangat unggul sebab, Indonesia memiliki kekayaan alam yang mampu menjadi inspirasi dalam menciptakan kreasi produk apa pun.

“Saya melihat ada beberapa kampus di luar negeri yang menjadi penggerak evolusi UMKM baik kualitas produk dan lainnya. Ada di Korea, Inggris, dan lainnya. Coba kita pelajari bagaimana mereka menjadikan kampus untuk mendorong evolusi UMKM,” ujarnya.

Baca juga :   Tim BeeHive Drone Mewakili Indonesia di Imagine Cup World Finals 2018

 

STEVY WIDIA

Tags: ekonomi digitalMenteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masdukitalenta digital
Previous Post

Satgas Waspada Investasi Hentikan 88 Pinjol hingga 77 Pegadaian Ilegal

Next Post

Digitalisasi Pasar Rakyat, Kemendag Gandeng PT Pos Indonesia

Related Posts

RANS
Headline

RANS Jajaki Ekspansi Bisnis ke Industri F&B dan Gaya Hidup

2 Februari 2023
0
Etiket.id
Headline

Startup Etiket.id Tawarkan Kemudahan bagi Penikmat Musik dan Industri Hiburan

1 Februari 2023
0
Teknologi pertanian
Headline

Startup Terra Asri Hadirkan Aplikasi Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Petani

1 Februari 2023
0
Load More
Next Post
Pasar Rakyat Digital

Digitalisasi Pasar Rakyat, Kemendag Gandeng PT Pos Indonesia

Telkom x IOH

Ciptakan Dampak Lebih Besar bagi Bangsa, Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo Hutchison Berkolaborasi Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Startup

Ini Loh Permasalahan yang Dihadapi Startup Indonesia

Discussion about this post

Berita Terbaru

Huawei dan KemenPPPA

Huawei dan KPPA Bersinergi Cetak Talenta dan Pemimpin Digital Perempuan

2 Februari 2023
0
RANS

RANS Jajaki Ekspansi Bisnis ke Industri F&B dan Gaya Hidup

2 Februari 2023
0
Gerakan #OneActionOneTree

Gerakan #OneActionOneTree Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

1 Februari 2023
0
Aplikasi “Amazing Sleman” Promosi Pariwisata Sleman

Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023

1 Februari 2023
0
Etiket.id

Startup Etiket.id Tawarkan Kemudahan bagi Penikmat Musik dan Industri Hiburan

1 Februari 2023
0
Ayoconnect

Ayoconnect dan Mastercard Hadirkan Inovasi Berbasis Rekening Bank dan Open Finance

1 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version