Dorong Inovasi Pembayaran Digital, Indosat Ooredoo Umumkan Pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021

e-Wallet

Kini, Metode Pembayaran Shopee Hadir di Platform Paper.id (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Merujuk data Bank Indonesia, nilai transaksi uang elektronik di Indonesia mencapai Rp 201 triliun (US$ 13,95 miliar) pada tahun 2020, tumbuh 38,62% dari Rp 145 triliun (US$ 10,07 miliar) pada tahun 2019. Bank Indonesia juga memperkirakan serapan transaksi digital akan terus berlanjut dengan pertumbuhan e-commerce dan e-payment masing-masing sebesar 33,2% dan 32,3% pada tahun 2021.

Mendukung peningkatan transaksi digital di Indonesia tersebut, Indosat Ooredoo berinisiatif untuk membuka kesempatan bagi para talenta bangsa untuk berkontribusi dalam mencari solusi yang semakin memudahkan dan menyederhanakan proses transaksi digital untuk pengalaman pengguna e-wallet yang lebih baik.

Untuk itu, Indosat Ooredoo menggelar acara pengumuman pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021, sebuah program open innovation berbentuk kompetisi riset pengguna (user research) yang bertujuan memberdayakan talenta digital terbaik bangsa dalam menemukan ide dan solusi terbaik yang valid dan aplikatif untuk inovasi fitur e-wallet.

“E-Wallet User Research Challenge 2021 hadir dengan tujuan untuk mengasah kompetensi generasi muda dalam menciptakan solusi pembayaran digital yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas. Kami berharap para peserta dan pemenang dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari program ini dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas,” kata Arief Musta’in, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, dalam keterangan tertulisnya, Senin (08/11/2021).

Dijelaskan Arief, dalam program ini peserta juga memiliki kesempatan untuk belajar dari para ahli pada masing-masing tahap, mulai dari “empathize”– dimana peserta dilatih untuk memahami perilaku, permasalahan, dan kebutuhan pengguna, “validation”– dimana peserta dilatih untuk menguji ide secara langsung terhadap pengguna, hingga “pitching”– dimana peserta dilatih untuk membuat model bisnis untuk dipresentasikan langsung kepada para juri.

E-Wallet User Research Challenge 2021 yang dibuka sejak Juli 2021 lalu telah mengumpulkan 235 ide inovasi dari 766 peserta dari seluruh tanah air. Ide-ide yang terpilih sebagai pemenang telah melalui sesi penjurian ketat dan dinilai berdasarkan beberapa kriteria, seperti metode riset, keunikan atau kreativitas, solusi dan kontribusi yang ditawarkan, model bisnis, serta kemungkinan untuk diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini para pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021 berdasarkan kategori:

Ide Terbaik

Juara 1: Tim Berproses Bersama
Juara 2: Tim Pennyworth
Juara 3: Tim VYT

Ide Terfavorit

Juara 1: Tim A2F Markethink
Juara 2: Tim 3Musketeers
Juara 3: Tim Achamad

“Indosat Ooredoo secara konsisten mendorong inovasi digital bagi kemajuan industri telekomunikasi Indonesia. Lewat kerja sama strategis dengan mitra lokal dan global, Indosat Ooredoo membawa pengalaman terbaik yang bisa diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelangan,” pungkas Arief.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version