youngster.id - Bosch Indonesia meluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terbaru bertajuk “Bosch Impacting for Life Project”, dengan focus pada pendidikan dan mendukung peningkatan kualitas hidup keluarga Indonesia. Untuk menggelar program tersebut, Bosch berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI).
Pirmin Riegger, Managing Director Bosch Indonesia mengatakan, pihaknya meyakini bahwa asupan nutrisi yang baik merupakan salah satu kunci mewujudkan SDM yang unggul.
“Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) untuk menjangkau lebih banyak lagi masyarakat, terlebih anak-anak Indonesia, yang membutuhkan asupan pangan berkualitas baik dan bergizi untuk mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045,” kata Pirmin, dikuti[ Minggu (18/8/2024).
Bosch mewujudkan pilar pendidikan dan kesehatan melalui program Asah, Asih, Asuh yang dukung upaya peningkatan kesehatan dan nutrisi yang merata bagi 90 anak-anak usia dini yang berlokasi di 3 titik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Jakarta selama satu kali seminggu dan kelas edukasi dua kali dalam sebulan selama enam bulan. Acara peluncuran program tersebut digelar di PAUD Kenanga 7, Jakarta Barat dengan memberikan makanan bergizi bagi anak-anak serta kelas edukasi pengenalan makanan sehat. Penyelenggaraan acara ini juga didukung oleh relawan yang berasal dari karyawan Bosch di Indonesia.
Berdasarkan data Global Hunger Index tahun 2023, Indonesia berada pada peringkat ke-77 dengan skor 17,6 atau berada pada tingkat kelaparan sedang. Secara rinci, dijelaskan bahwa 1 dari 4 balita (21,6%) di Indonesia mengalami stunting dan 1 dari 6 (17,7%) memiliki kondisi malnutrisi. Kondisi inilah yang menjadi dasar dari berjalannya program yang fokus terhadap anak- anak ini bersama dengan FOI.
“Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada Bosch Indonesia yang telah menjadi mitra strategis kami dalam mengatasi ketimpangan pangan di masyarakat. Kami percaya dukungan Bosch ini dapat memastikan gizi yang terbaik kepada lebih banyak lagi anak-anak hingga masa mendatang,” tutur Mohamad Hendro Utomo sebagai pendiri Foodbank of Indonesia.
Tidak hanya itu, dalam pilar pendidikan, Bosch Indonesia juga mengambil langkah nyata untuk mendukung akses pendidikan yang merata bagi anak-anak marjinal. Dukungan ini diwujudkan dalam dengan penguatan edukasi, peningkatan fasilitas, dan pengembangan kemampuan siswa dari kalangan marjinal. Bosch Indonesia memberikan beasiswa-beasiswa yang dikelola oleh Sahabat Anak, untuk membantu mereka dapat tumbuh dan belajar dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik.
Kolaborasi sosial ini akan berlangsung selama 5 tahun ke depan berdasarkan evaluasi tahunan dengan dukungan yayasan amal yang dibangun oleh karyawan Bosch secara global yaitu Primavera, yang mendonasikan total sebesar 10.000 EUR setiap tahun kepada FOI untuk menyediakan makanan sehat bagi anak-anak. Sementara itu, donasi pengembangan fasilitas belajar untuk mendukung anak-anak marjinal, yang dikelola Sahabat Anak mencapai 5.000 EUR per tahun.
“Melalui berbagai kegiatan CSR yang berkelanjutan, Bosch Indonesia berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada kesejahteraan keluarga Indonesia dan membangun masa depan yang lebih baik,” tutup Pirmin.
HENNI S.