youngster.id - Pelaku usaha warung kelontong menghadapi sejumlah tantangan seperti terbatasnya ragam produk, harga yang kurang kompetitif, minimnya dukungan promosi serta kurangnya layanan pengiriman barang . Untuk menyokong warung kelontong dan mendorong mereka masuk digitaliasi, Gojek meluncurkan GoToko.
CEO dan Direktur Utama GoToko Gurnoor Singh Dhillon mengatakan, Platform digital B2B dengan layanan hulu ke hilir ini akan menghubungkan para pelaku usaha warung kelontong yang selama ini kurang terjangkau dalam distribusi penjualan dengan produsen barang kemasan ternama.
“Agar dapat berkembang, para pelaku UMKM ini perlu mendapat dukungan layanan yang memadai, meskipun lokasi warung sulit dijangkau dan cakupan usaha kecil. Peluncuran GoToko memperkuat misi Gojek untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pengguna dan di saat yang sama menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi lebih banyak pemangku kepentingan,” kata Dhillon dalam keterangannya, Kamis (19/9/2020).
Menurut dia, sebagai penggerak perekonomian, 3 juta warung kelontong telah mengkontribusikan hampir 80% dari pasar ritel Indonesia. Namun lebih dari 80% atau sekitar 2,5 juta dari warung tersebut masih masuk dalam kategori underserved atau kurang terlayani. Untuk itu, aplikasi GoToko menyediakan berbagai manfaat bagi pelaku usaha warung untuk berbelanja stok barang secara online dan sangat mudah diakses.
“Solusi teknologi Gojek yang inklusif dan komprehensif memperkuat posisi GoToko untuk menjadi platform terbaik bagi para pengusaha warung dalam memenuhi kebutuhan untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” tambah Gurnoor.
Selain memudahkan dalam pemesanan barang, GoToko mendorong produktivitas pengusaha warung melalui fitur-fitur pemantauan riwayat pesanan, pelacakan pengiriman barang pesanan, inventory management, akses data penjualan dan keuangan, serta rekomendasi produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Akses ke program promosi dan loyalty dari merek produk pun semakin terbuka melalui platform GoToko.
Peluncuran GoToko dalam upaya mendorong pertumbuhan UMKM mendapat sambutan positif Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit, “Layanan bagi para pelaku usaha warung kelontong ini selaras dengan prioritas pemerintah dalam memanfaatkan teknologi guna mengakselerasi roda perekonomian, khususnya bagi pelaku UMKM. Kami berharap layanan GoToko dapat memberikan kemudahan akses untuk membantu pelaku usaha warung dalam menjalankan bisnis dengan efisien dan produktif,” kata Victoria.
STEVY WIDIA
Discussion about this post