ICStar Hackathon 2020, Fokus Bangun Keahlian Proses Robotik Otomatis

Para juara ICStar Hackathon 2020. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - PT Orbit Nasional Edukasi (ONE) dibawah naungan IDStar Group menggelar ICStar Hackathon 2020. Ajang kompetisi ini ditujukan untuk adaptasi sumber daya manusia Indonesia pada era teknologi digital 4.0 terutama untuk keahlian Robotic Process Automation (RPA).

Arifa Tan selaku CEO IDStar Group mengungkapkan ICStar Hackathon 2020  memadukan edukasi, kompetisi dan perekrutan sumber daya manusia. Melalui ICStar Hackathon 2020 para mahasiswa mendapatkan pelatihan IT dari UiPath untuk mengoperasikan robot.

“Harapannya, acara ini mampu memberikan semangat untuk membentuk dan membangun semangat generasi muda sekaligus mempersiapkan generasi IT  memasuki dunia kerja di era teknologi digital 4.0,” ungkap Arifa dalam keterangannya, Rabu (9/9/2020).

Sejak dibuka pendaftaran pada April 2020 lalu, lebih dari 300 peserta yang mendaftarkan diri dari 27 universitas dari di Indonesia.  Kemudian melalui proses seleksi terpilih 66 peserta yang dibagi menjadi 22 grup untuk mengikuti pelatihan RPA. Selanjutnya mereka ditantang untuk  mengerjakan kasus dengan teknologi RPA selama kurun waktu dua bulan.

Karya mereka dinilai oleh juri yang terdiri dari Arifa Tan CEO IDStar Group, Weng Him Principal UiPath, Lianawaty Suwono Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Swandajani Gunadi  Direktur SDM & Marketing Adira Finance, C. Guntur Triyudianto, Direktur Operations & Information Technology Bank Mega dan Ferdinand Prasetyo CEO Drife

Hasilnya keluar sebagai juara Pertama adalah tim Study Wars, juara kedua Blue Navy dan ketiga Pandora Bots.  Juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar Rp 90 juta dan hadiah tambahan US$1.000 dari UiPath. Juara 2 mendapatkan uang tunai sebesar Rp 45 juta dan Juara ke 3 mendapat uang tunai Rp 15 juta.

Turut hadir melengkapi Final kompetisi ICStar Hackathon 2020, segera hadir di Appstore dan Playstore Aplikasi ONE Talent adalah paket lengkap aplikasi talent untuk marketplace khususnya untuk berkarir di dunia IT.

“Melalui ICStar Hackathon 2020 dapat memberi semangat sekaligus mempersiapkan generasi yang ahli di bidang IT saat memasuki dunia kerja,” pungkas Arifa.

Para peserta ajang kompetisi ini juga dapat kesempatan untuk direkrut oleh BCA, Bank Mega dan Adira.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version