Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Industri Keuangan Perlu Punya Strategi Komunikasi Yang Tepat Untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

19 Juni 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
keuangan digital

Layanan keuangan digital (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir masyarakat Indonesia semakin akrab dengan layanan keuangan digital. Data Bank Indonesia menyebut nilai transaksi digital banking meningkat 31,40% yoy menjadi Rp4.557,5 triliun pada Agustus 2022.

Di sisi lain, dengan persaingan yang ketat industri keuangan mulai beralih ke pengalaman pelanggan (Customer Experience/CX) sebagai pembeda kompetitif yang membedakan merek mereka. Sebuah studi oleh Gartner menunjukkan bahwa 81% merek berharap untuk bersaing berdasarkan CX pada tahun 2020. Bahkan sebuah survei menemukan bahwa hampir 63% dari populasi survei akan mempertimbangkan untuk berpindah penyedia perbankan jika komunikasi tidak memenuhi harapan mereka.

Head of International Marketing Exotel Raman MK mengatakan, institusi keuangan perlu punya strategi komunikasi yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Terutama layanan berbasis teknologi untuk memastikan bahwa pelanggan tidak berpindah ke pesaing Anda.

“Dari sudut pandang pelanggan, interaksi dengan agen call center Anda dipandang sebagai media untuk menyelesaikan masalah mereka. Di sinilah pengalaman pelanggan dibentuk. Oleh karena itu, sangat penting bahwa kontrol ada pada bank untuk membentuk pengalaman pelanggan,” ungkap Raman dalam diskusi yang digelar Exotel baru-baru ini di Jakarta.

Baca juga :   Perhatikan, Masa Depan Layanan Pelanggan Ada pada Tiga Bidang Ini

Dia memberi contoh, setiap kali ada produk baru – seperti skema asuransi baru diluncurkan, maka pelanggan Anda akan mendapat pemberitahuan otomatis dan bagaimana mereka dapat menghubungi Anda. Ini adalah cara paling hemat waktu & biaya untuk menyampaikan informasi ke semua pelanggan Anda sekaligus.

Selain itu, industri keuangan memiliki tantangan dalam layanan pelanggan untuk menjangkau pelanggan dengan tepat. Terutama terus memberi tahu pelanggan tentang status aplikasi mereka setiap saat secara proaktif.

“Dengan adanya otomasi dalam Customer Experience, akan mengurangi tingkat kesalahan dari manusia. Semuanya akan menjadi lebih akurat dan konsisten, meningkatkan customer experience, serta visibilitas operasional yang lebih baik,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survey Exotel, mayoritas, 65% pemasar yang disurvei setuju dengan pernyataan bahwa pengalaman pelanggan adalah medan pertempuran kompetitif baru dan berikutnya. Bahkan 45% menyatakan bahwa merek mereka akan bersaing, baik sepenuhnya atau hampir sepenuhnya, berdasarkan CX selama dua tahun ke depan.

Baca juga :   DOKU Berubah Jadi JOKUL, Perkuat Bisnis Payment Gateway

Maka tidak mengherankan jika fokus untuk meningkatkan pengalaman pelanggan muncul sebagai prioritas nomor satu untuk tahun 2023. Prioritas lain dalam urutan kepentingan adalah meningkatkan pengalaman omnichannel (70%), branding pemberi kerja (69%), diikuti dengan fokus pada inisiatif keberlanjutan (68%), dan strategi untuk platform imersif seperti Metaverse (67%),” paparnya.

Untuk itu, Exotel mengembangkan chatbot berbasiskan AI, API komunikasi, pusat kontak omnichannel (Ameyo), dan platform AI Percakapan (Cogno AI) di Cloud yang menjadikan first contact resolution lebih mudah, cepat dan efisien. Chatbot tersebut sudah diimplementasikan ke sejumlah perusahaan di sektor manufaktur, farmasi, dan telekomunikasi dengan model hybrid (bot + live agent), sehingga setiap interaksi dapat diselesaikan di level bot dan juga live agent.

Baca juga :   Dorong Transformasi Digital, Cashlez Jajaki Pasar Tradisional

“Untuk menonjol dalam persaingan dan memberikan nilai tambahan kepada pelanggan, organisasi perlu mengadopsi pendekatan terpadu untuk melakukan dan melacak keterlibatan pelanggan. Membangun pemahaman yang komprehensif tentang seluruh perjalanan pelanggan dan data yang dikumpulkan dari semua interaksi akan menghasilkan wawasan berharga tentang perilaku dan preferensi pelanggan,” kata Raman.

Dia mengklaim dengan layanan ini, sejumlah mitra Exotel di Indonesia yang berhasil menurunkan biaya 30% tanpa ada kerugian bagi perusahaan dari kombinasi layanan voice dan chat AI tersebut.

“Kami menangani sekitar 70 juta interaksi sehari di platform kami, 21 juta di antaranya adalah panggilan,” ujarnya.

Exotel sudah melebarkan sayapnya ke Indonesia pada 2023 dan malayani segmen banking, financial services, dan insurances (BFSI) serta e-commerce. Sejumlah perusahaan yang telah menjadi klien diantaranya, Ola, Swiggy, Flipkart, GoJek, Byju’s, Urban Company, HDFC Bank, Oyo, dan MNC Bank.

 

STEVY WIDIA

Tags: Exotelindustri keuanganpengalaman pelanggan (customer experience)
Previous Post

HUB.ID Accelerator 2023, Buka Peluang Pendanaan dan Kerja Sama Bisnis Startup Digital

Next Post

Mayoritas Masyarakat Gunakan Teknologi Untuk Mendukung Produktivitas dan Efektivitas Kerjanya

Related Posts

Co-Founder & CGO Exotel Sachin Bhatia
News

Perusahaan Harus Bisa Hadirkan Wajah Baru Untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

15 Juni 2023
0
NXT CX Summit SEA 2023
News

5 Tren Layanan Customer Experience di Indonesia Tahun 2023

23 Februari 2023
0
Co-Founder & CGO Exotel Sachin Bhatia
News

Interaksi Campuran Antara Manusia dan Teknologi AI Akan Jadi Tren Masa Depan

22 Februari 2023
0
Load More
Next Post
zoom meeting

Mayoritas Masyarakat Gunakan Teknologi Untuk Mendukung Produktivitas dan Efektivitas Kerjanya

Christie Johana - Ttommy S Budihardjo

Peroleh Pendanaan Awal, Startup D2C Claude Akan Perkuat Pasar

Citilink x airasia Superapp

Kini, Maskapai Citilink Indonesia Tersedia di airasia Superapp

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version