Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Interaksi Campuran Antara Manusia dan Teknologi AI Akan Jadi Tren Masa Depan

22 Februari 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
Co-Founder & CGO Exotel Sachin Bhatia

Co-Founder & CGO Exotel Sachin Bhatia. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Interaksi campuran antara manusia dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) akan menjadi tren di masa depan terutama untuk pelanggan. Percakapan menggunakan bot berbasis AI sangat efektif, dalam menurunkan biaya sekaligus memberikan pengalaman pelanggan yang personal dan terintegrasi.

“AI tidak selalu bisa menjawab keinginan spesifik customer, namun di tengah tren global layanan manusia juga terbatas. Karenanya, layanan yang memadukan keduanya akan menjadi tren dalam customer experience ke depan,” kata Sachin Bhatia Co-Founder & CGO Exotel dalam Exotel Roundtable “Let’s Talk Conversational Customer Journeys,” Selasa (21/2/2023) di Hotel Kempinski, Jakarta.

Untuk itu Exotel, platform keterlibatan pelanggan (Costomer Engagement Platform) menghadirkan layanan saluran konsumen berupa layanan chat berbasis bot AI dan suara melalui WhatsApp For Business. Sehingga para pengguna dan perusahaan dapat terhubung dalam genggaman.

“Melalui platform Exotel, sebuah bisnis dapat terhubung dengan konsumen di WhatsApp serta media lainnya untuk memastikan bahwa mereka memberikan pengalaman pelanggan yang personal dan imersif yang memenuhi atau bahkan melebihi ekspektasi. Layanan ini tidak menguras anggaran. Bahkan klien kami di Indonesia berhasil menurunkan biaya 30% dengan layanan ini , karena semuanya terintegrasi, tidak harus investasi sarana prasarana di banyak tempat,” ungkapnya.

Baca juga :   KDIM, Koperasi Digital Pertama di Indonesia

Sachin menegaskan, seluruh pertanyaan akan dijawab dengan cepat dan akurat berbasiskan robot, bukan lagi customer service konvensional. Namun pada beberapa menu tertentu, pengguna tetap diberi opsi untuk memperoleh layanan yang dilayani petugas manusia.

Menurut Sachin, langkah untuk menghadirkan layanan melalui aplikasi pesan instan, berangkat dari kondisi masyarakat Indonesia mirip dengan India terutama dalam hal budaya komunal. Interaksi sosial sangat kuat berbasis kelompok atau komunitas dengan saluran lisan dan tulisan yang banyak, menarik, dan bervariatif.

“Untuk itu kami menghadirkan saluran konsumen melalui WhatsApp for Business di Indonesia,” ujarnya.

Di sisi lain, data menunjukkan WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan paling populer secara global. Di Indonesia diperkirakan jumpa pengguna WhatsApp mencapai lebih dari 170 juta. Karena itu, Exotel yakin, layanan percakapan instan WhatsApp akan jadi tumpuan utama masyarakat terutama dalam pelayanan pelanggan.

Baca juga :   Perusahaan Harus Bisa Hadirkan Wajah Baru Untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Saat ini, perusahaan asal India ini telah melayani lebih dari 6.000 perusahaan di India, Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika. Diantaranya, Ola, Wiggy, HDFC Bank, Flikart, Zomato dan OYO. Di Indonesia Exotel telah bermitra dengan MNC MNC Vision, Sinar Mas, dan Gojek.

“Kami sangat mengerti kebutuhan pasar Indonesia. Kami sudah cukup lama beroperasi di sini, Indonesia adalah pasar kami terbesar nomor dua di selurun dunia. Pengguna besar kami di sini antara lain MNC Vision, Sinar Mas, dan Gojek,” kata Sachin.

Secara simultan, layanan CX dari Exotel sudah dilengkapi layanan berbasis Bahasa Indonesia. Untuk operasional di Indonesia perusahaan menghadirkan pusat layanan data yang berbasis data server lokal. Exotel menargetkan industri ritel, perbankan, operator telekomunikasi dan startup.

Baca juga :   Perhatikan, Masa Depan Layanan Pelanggan Ada pada Tiga Bidang Ini

Exotel telah menerima virtual lisensi operator telekomunikasi untuk menawarkan layanan telepok VoIP end-to-end yang menjadikannya sebagai operator panggilan cloud yang 100% patuh.  Pusat kontak omnichannel, rangkaian API komunikasi, dan platform AI percakapan dari Exotel telah membantu sejumlah bisnis dengan pertumbuhan tercepat di negara berkembang dalam mengelola pelanggan mereka.

 

STEVY WIDIA

Tags: chat berbasis bot AIExotellayanan saluran konsumenplatform keterlibatan pelanggan (Costomer Engagement Platform)whatsapp for business
Previous Post

Edutech Cakap Bukukan Revenue Tumbuh 10 Kali dalam Dua Tahun

Next Post

Meta melalui Instagram dan Facebook Juga Menjual Akun Centang Biru

Related Posts

keuangan digital
News

Industri Keuangan Perlu Punya Strategi Komunikasi Yang Tepat Untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

19 Juni 2023
0
Co-Founder & CGO Exotel Sachin Bhatia
News

Perusahaan Harus Bisa Hadirkan Wajah Baru Untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

15 Juni 2023
0
NXT CX Summit SEA 2023
News

5 Tren Layanan Customer Experience di Indonesia Tahun 2023

23 Februari 2023
0
Load More
Next Post
Instagram Reels

Meta melalui Instagram dan Facebook Juga Menjual Akun Centang Biru

Scrut Automation

Peroleh Pendanaan Sebesar US$75 Juta, Startup Scrut Automation Ekspansi ke Indonesia

Tokopedia Play

Tokopedia Dukung Bisnis Social Commerce Lewat Layanan Streaming Video dan Affiliate

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version